Daerah NTB

Wagub NTB Paparkan Program Unggulan untuk SMK

Mataram (NTB Satu) – Selain mengunjungi SMAN 1 Seteluk, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Seteluk saat kunjungan kerjanya di Sumbawa pada Rabu, 23 Maret 2022.

Dalam kunjungannya ke SMK tersebut, Ummi Rohmi, sapaan Wagub, memaparkan kunci suksesnya program Re-engineering SMK.

Program re-engineering SMK merupakan salah satu program unggulan NTB Gemilang yang diampu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB. Yang mana merupakan upaya Pemprov NTB dalam ‘’mengawinkan’’ kurikulum di SMK dengan kebutuhan pasar dan dunia industri yang tengah menggeliat.

Ummi Rohmi memaparkan kunci suksesnya reengenering SMK adalah dengan menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak di dalam dunia usaha dan industri kerja. Dengan begitu, para lulusan SMK bisa langsung terserap lapangan kerja selepas lulus sekolah.

“Jadi kalau pandai melihat peluang pandai melakukan kerjasama maka insyaallah keluar dari sini langsung terserap,” tutur Wagub.

Dengan banyaknya lulusan SMK yang yang terserap lapangan kerja, dikatakan Ummi Rohmi dapat membuat calon peserta didik akan tertarik masuk ke SMK.

Selain itu jurusan yang strategis yang menjawab kebutuhan pasar bisa membuat lulusan SMK dapat cepat terserap, jelas Gubernur. Seperti berbagai jurusan yang yang dimiliki SMKN 1 Seteluk. Di antaranya, jurusan Kemaritiman, Multimedia, Design Grafis, dan Tata Busana.

“Jadi kalau bicara SMK targetnya keluar smk harus siap kerja. Maka dari itu memang kalo saya melohat jurusan yang ada di SNK Negeri 1 Seteluk ini cukup strategis. Ada Kemaritiman, yang notabene kita negara martim ya. Kemudian ada industri kreatif seperti multimedia design grafis dan tata busana jadi jurusan ini harusnya tidak ada alasan untuk tidak terserap lapangan kerja,” harap Wagub. (r)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button