ADVERTORIALBERITA LOKAL

BNNK Bima Tunjuk Kelurahan Nae Jadi Duta Program Kelurahan Bersinar

Mataram (NTBSatu) – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bima menunjuk Kelurahan Nae sebagai duta program Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) 2024.

Penunjukan itu dilakukan dalam rakor di Aula Ruma Dining BNNK Bima, Rabu, 8 Mei 2024.

Alasan Kelurahan Nae dipilih sebagai duta karena telah menunjukan komitmen dalam pencegahan dan penanganan kasus narkoba. Ke depan, Kelurahan Nae akan menjadi percontohan dalam penerapan kebijakan dan program pencegahan serta rehabilitasi narkoba di tingkat kelurahan.

“Kelurahan Nae sebagai duta Kelurahan Bersih Narkoba diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Bima dan Indonesia secara keseluruhan,” kata Kepala BNNK Bima, Fery Priyanto.

Dia menyebut, program ini merupakan bagian dari inisiatif nasional Indonesia Bersinar 2024 yang bertujuan untuk mengurangi peredaran dan penggunaan narkoba di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan kerja sama lintas sektor dan partisipasi aktif masyarakat, Indonesia diharapkan menjadi negara yang bersih dan bebas dari ancaman narkoba. “Untuk kesejahteraan generasi masa depan, khususnya di wilayah Bima,” katanya.

Sementara KBO Satresnar Polres Bima Kota, Ipda. Sirajuddin menjelaskan, rakor ini adalah langkah strategis untuk mengembangkan dan membina kota/kabupaten agar tanggap terhadap ancaman narkoba.

Dia juga memberikan penjelasan singkat mengenai strategi pencegahan, penanganan, dan rehabilitasi narkoba. Strategi pencegahan narkoba melibatkan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda.

“Program pencegahan juga mencakup pengembangan aktivitas positif alternatif, seperti kegiatan olahraga, seni, dan keterampilan lainnya, untuk mengurangi potensi keterlibatan dalam penggunaan narkoba,” ungkapnya.

Berkaitan dengan penanganan narkoba, pihaknya selalu bertindak tegas kepada para produsen, pengedar, dan pengguna narkoba. Ini termasuk operasi penangkapan, penyitaan barang bukti, dan pengadilan.

“Selain itu, penanganan juga mencakup program rehabilitasi untuk pengguna narkoba, baik melalui terapi medis, psikologis, atau sosial,” bebernya.

Sementara Lurah Nae Kota Bima mengapresiasi terpilihnya wilayah yang dipimpinnya sebagai duta Kelurahan Bersinar 2024.

Dia berharap, program ini menciptakan partisipasi dan kesadaran masyarakat atas ancaman bahaya narkoba bagi generasi ke depan.

“Kita berkomitmen komitmen mendukung seluruh agenda pemberantasan peredaran narkoba di wilayah Kelurahan Nae khususnya daerah Kota Bima umumnya,” ujarnya. (KHN/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button