Daerah NTB

Usung Tema Kriya Unggulan, Mobil Hias NTB Sabet Juara Harapan 3 Nasional di HUT Dekranas Ke-44

Mataram (NTBSatu) – Mobil hias NTB berhasil menyabet juara harapan 3 nasional pada kirab budaya dan parade mobil hias, di Solo, Jateng, Rabu, 15 Mei 2024.

Sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 dan HUT Dekranas ke-44, kegiatan ini berhasil mendapatkan rekor MURI dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai parade terpanjang dan terbanyak di Indonesia.

Saat parade mobil hias, sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 daerah, dengan total defile sepanjang 2,3 kilometer, menampilkan sekitar 2.000 peserta yang mengenakan busana adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Mobil hias NTB tampil dengan mengusung tema “Kriya Unggulan NTB”, berhasil memukau penonton. Ini merupakan representasi dari berbagai kebudayaan dan juga keindahan alam yang sangat luar biasa dari penghasil produk kriya unggulan.

Berita Terkini:

Tak ketinggalan, mutiara NTB yang menjadi primadona di dalam maupun di luar negeri ambil bagian dalam parade tersebut. Tidak hanya itu, kriya ketak dan budaya menenun yang menghasilkan wastra-wastra terbaik NTB turut dipamerkan.

Miq Gita, sapaan Pj Gubernur NTB berharap, dengan keikutsertaan di event ini, kriya NTB dapat lebih dikenal oleh seluruh daerah di Indonesia bahkan dunia.

“Karena NTB sangat kaya akan hasil potensi kriya yang unik dan menarik, selain potensi pariwisata yang luar biasa,” ucap Pj Gubernur yang dilantik 19 September 2023 itu.

Parade ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan mengangkat bendera berlogo Dekranas, didampingi Ketua Umum Dekranas, Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf, serta Istri Wali Kota Surakarta Selvi Ananda, Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian, dan Pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). (STA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button