ADVERTORIALPariwisata

Sandiaga Uno Dukung Bangkitkan Kembali Pariwisata Senggigi Lewat Berbagai Event

Giri Menang (NTBSatu) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno berkunjung ke Lombok Barat (Lobar), Jumat 26 April 2024.

Dalam kunjungannya, Sandiaga menyebut akan mendukung untuk kembali bangkitnya pariwisata Senggigi, Lobar atau Senggigi reborn.

Sebab dalam beberapa tahun terakhir ini masih dalam proses pemulihan pasca Covid-19 lalu.

“Saya akan dukung Senggigi Reborn ini. Semoga punya semangat untuk sama-sama mendukung,” kata Sandiaga di Narmada.

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini mengatakan, bahwa Senggigi memiliki nilai tersendiri dalam pariwisata. Pada masanya, Senggigi adalah destinasi wisata yang diminati banyak wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara. Dengan adanya semangat Senggigi reborn ini, menurutnya yang perlu diperkuat adalah even yang dihadirkan.

Berita Terkini:

Festival yang akan diarahkan dan dihidupkan kembali di Senggigi, seperti Sunset Jazz. Juga yang diharapkan bisa menghadirkan event berskala Internasional.

“Senggigi Reborn karena wisatawan datang ke Lombok tidak hanya untuk ke Mandalika. Tapi bisa merasakan sensasi di Pantai Senggigi. Yang perlu diperkuat adalah event yang dihadirkan. Seperti Event olahraga, musik, ekonomi kreatif, fashion, pasar seni,” sebutnya.

Sandiaga terpikir jika nantinya Senggigi juga akan dikolaborasikan dengan wisata terdekat. Berhubung, jarak antara Senggigi dengan wisata Loang Baloq yang ada di Kota Mataram. Bisa mengangkat kearifan lokal, adat istiadat desa wisata dari Senggigi.
“Nanti mungkin bisa dibuat paket wisata. Kasi nama paket wisata Cari Jodoh,” ucapnya.

Selain itu, kedatangannya juga bertujuan untuk melakukan workshop terkait Kabupaten dan Kota Kreatif. Sandiaga mendukung Lobar, untuk masuk dalam nominasi sebagai Kabupaten kreatif yang ada dalam program Kemenparekraf. Ini berkesinambungan dengan bangkitnya kembali destinasi yang ada di Lobar yakni Senggigi dan Sekotong.

“Harapannya Lobar juga menghidupkan kembali produk-produk ekonomi kreatif UMKM untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja. Karena kalau dilihat, produk yang ada sangat beragam. Mulai dari dari kuliner, fashion, dan seni pertunjukan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lobar Agus Gunawan mengatakan, dengan dukungan Sandiaga untuk Senggigi Reborn justru menjadi PR untuknya. Bahwa keadaan yang perlu di benahi dari Senggigi adalah hal yang sangat mendasar.

“Itu kan sudah menjadi isu mendasar kita. Mulai dari , kebersihan, lampu, pantai, dan keamanan pedestrian,” kata Agus.
Selain itu, Agus juga optimis bahwa Lobar masuk dalam nominasi Kabupaten kreatif yang dimaksudkan Menparekraf. Karena tak bisa dipungkkiri bahwa untuk UMKM sangat banyak. (HAK*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button