BERITA LOKALDaerah NTB

Pemprov NTB Imbau Petani Perbanyak Tanam Padi Antisipasi Darurat Pangan

Mataram (NTBSatu) – Pemprov NTB akan memperbanyak menanam padi dalam mengantisipasi kekurangan pangan saat memasuki musim kering mendatang. Sebab, pemerintah gencar mencanangkan swasembada pangan.

Kepala Distanbun NTB, MT Hidayat mengatakan, NTB sangat perlu untuk menanam padi. Karena, pemerintah pusat pun akan membantu Pemprov NTB dalam menyiapkan pompa air sebanyak 5.100 unit untuk mengantisipasi kekeringan saat memasuki musim tanam nanti.

“Kami bergerak justru untuk mengantisipasi darurat pangan,” ungkap Hidayat saat ditemui di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 20 Mei 2024.

Bahkan, Hidayat mengimbau agar para petani lebih banyak menanam padi. Pemprov NTB akan memberikan bantuan berupa pompa air kepada petani dengan catatan harus menanam padi, bukan untuk komoditas pertanian jenis lain.

IKLAN

Hidayat menyebutkan bahwa pemerintah pusat memang menargetkan swasembada pangan untuk mengantisipasi kelaparan, meskipun situasi itu kecil kemungkinan terjadi.

“Bahkan, pada tahun 2023, kami berhasil menghasilkan sekitar 1 juta ton beras. Sementara, masyarakat NTB hanya membutuhkan sekitar 530 ton beras per tahun,”

Sampai saat ini, Pemprov NTB telah mulai memberikan bantuan berupa pompa air ke pemerintah kota dan kabupaten setempat. Oleh karena itu, Hidayat mengimbau kepada para petani untuk tetap menanam padi guna mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Syarat untuk mendapatkan pompa ialah petani harus menanam padi, bukan komoditas yang lain” tandas Hidayat. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button