Pemerintahan

Alokasi DIPA untuk NTB Tembus Rp25,3 Triliun

Secara umum belanja pemerintah pusat dalam APBN 2024 tersebut terutama diarahkan untuk mendukung transformasi ekonomi baik sasaran jangak pendek maupun menengah dan panjang.

Hal tersebut bertujuan untuk mendorong subsidi tepat sasaran dan efektivitas program perlindungan sosial serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi belanja, mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan antara golongan dan antar wilayah.

Sementara transfer ke daerah di titik beratkan pada usaha untuk meningkatkan sinergi kebijakan fiskal dan daerah serta harmonisasi belanja pusat dan daerah.

Selanjutnya meningkatkan kualitas pengelolaan TKD melalui penguatan implementasi UU hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemda (UU HKPD) secara terarah, terukur, akuntabel dan transparan serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi serta memperkuat eamarking TKD pada sektor prioritas untuk mendukung percepatan transformasi ekonomi.

“Diharapkan seluruh satuan kerja serta Kepala Daerah untuk segera menyiapkan dan melaksanakan APBN tahun 2024 secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,”tutupnya.

Berita Terkini:

Selaras dengan itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda NTB) Fathurrahman menambahkan, pentingnya APBN sebagai instrumen dalam mencapai tujuan pembangunan nasional, yaitu menghilangkan kemiskinan ekstrem mendekati 0 persen dan penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024.

Ia menjelaskan, melalui efisiensi dan efektivitas belanja negara akan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pemerataan pembangunan, baik antargolongan maupun antar wilayah.

“Fokus APBN 2024 seperti perbaikan kualitas SDM dengan menghapus kemiskinan ekstrem, menurunkan stunting, meningkatkan akses serta kualitas layanan kesehatan dan pendidikan,”tutupnya. (STA)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button