Daerah NTB

Parade Pembalap MXGP 2024, Upaya Tarik Minat Wisatawan

Mataram (NTBSatu)- Pemerintah Kota Mataram akan menggelar parade pembalap MXGP 2024 dari Islamic Centre menuju Teras Udayana.

Hal tersebut, sebagai bagian dari semarak pelaksanaan Kejuaraan Motocross Grand Prix (MXGP) 2024.

Parade pembalap akan melibatkan sepeda ontel, mobil antik, dan gendang beleq. Parade ini menghadirkan nuansa budaya khas yang dapat menarik minat wisatawan.

Konsep parade pembalap dan personel tim menggunakan delman sama seperti tahun sebelumnya.

Tidak hanya bagi para peserta MXGP, parade ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi para masyarakat setempat.

Walikota Mataram melalui asisten I Setda Kota Mataram, H. Lalu Martawang menyampaikan, menekankan pentingnya keterlibatan Forum Camat Kota Mataram.

rapat pembahasan parade pembalap mxgp
rapat koordinasi persiapan parade pembalap MXGP

“Para stakeholder terkait harus fokus pada tugas masing-masing. Sehingga sebelum dan sesudah event berlangsung, semua aspek bisa terkendali dengan baik,” jelasnya

“Mulai dari penanganan sampah hingga keamanan parkir harus menjadiperhatian,” ungkap Martawang.

Untuk rekrutmen tenaga kerja pada event ini, warga Kota Mataram akan menjadi prioritas. Hal tersebut agar manfaat dari ajang internasional ini berdampak bagi masyarakat setempat.

“Event ini harus memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Mataram secara khusus, serta masyarakat NTB secara umum,” tambahnya.

Promosi Pariwisata Melalui Parade Pembalap MXGP 2024

Direktur Utama SEG, Dias Rahma Irhani, berharap event MXGP ini dapat mempromosikan pariwisata di Indonesia, khususnya Pulau Lombok.

“Dengan adanya event ini, wisatawan yang datang ke Mataram tidak hanya sekadar liburan, tetapi juga dapat menonton balapan MXGP,” kata Dias.

Dias juga membuka peluang kolaborasi dengan komunitas binaan di NTB, terutama di Kota Mataram, demi kesuksesan event ini.

“Kami selalu terbuka untuk berkolaborasi demi kesuksesan event MXGP ini,” pungkasnya.

Harapan Warga Lokal

Namun, sejumlah masyarakat mengutarakan harapan agar persiapan dan pelaksanaan event tersebut tidak hanya berfokus pada aspek hiburan.

Melainkan juga memperhatikan dampak lingkungan dan keberlanjutan.

“Kegiatan besar seperti ini kami harap tidak merusak lingkungan sekaligus memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat lokal,” ungkap seorang warga Dena, kepada NTBSatu.

Parade pembalap MXGP 2024 yang diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan, juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Mataram

“Selain untung di pemerintah, masyarakat juga kena dampak dengan adanya ajang internasional ini, baik dari segi ekonomi maupun sosial,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button