Daerah NTB

World Superbike 3 Bulan Lagi, Race Control dan Fasilitas Lain Sirkuit Mandalika Dikebut

Mataram (NTB Satu) – Even balap motor internasional World Superbike (WSBK) tiga bulan lagi, digelar 12-14 November 2021 mendatang. Sejumlah fasilitas pendukung dikebut, salah satunya gedung race control .

Pembangunan Race Control Building sudah mencapai progress 92,25 persen dan Pit Building sudah 100 persen menyelesaikan pondasi. Dua bangunan ini ditargetkan rampung pada Oktober 2021.
“Kami sangat bersemangat menyambut pagelaran WSBK di The Mandalika pada November mendatang,” ujar Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, Kamis (9/9).

IKLAN

Sementara fasilitas lain yang dikebut amntara lain tunnel (terowongan), Race Control, Pit Building, Medical Center dan Helipad sebagai bagian dari proyek Jalur Kawasan Khusus (JKK) Sirkuit Mandalika.
Tunnel terdiri dari tunnel 1 sepanjang 65,57 m yang terletak di utara JKK dan tunnel 2 sepanjang 117,77 m yang terletak di selatan JKK. Kedua tunnel dibangun sebagai akses pendukung yang menghubungkan jalan provinsi di sisi utara dengan lot-lot di dalam JKK dan area kawasan di bagian selatan JKK.

Saat ini pembangunan tunnel telah mencapai 100 persen untuk struktur dan plumbing, serta 99 persen untuk finishing. Tunnel telah dilengkapi dengan fasilitas penerangan (lampu) yang menyala selama 24 jam dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
“Kami memastikan Tunnel JKK yang kami bangun memiliki kelengkapan pendukung yang lengkap sehingga aman dan nyaman untuk dilewati oleh masyarakat maupun wisatawan,” ujarnya.

Mengantisipasi limpahan air di musim hujan dan genangan air, masing-masing tunnel telah dilengkapi dengan sistem drainase dan didukung oleh pompa air otomatis (submersible) yang berkapasitas 0,117 m3/detik atau 7,07 m3/menit untuk tunnel 1 dan 0,073 m3/detik atau 4,38 m3/menit untuk tunnel 2.
Sehingga pihaknya optimistis tunnel ini akan dapat dilewati walaupun dalam kondisi hujan. “Saat ini kami tengah mempercepat penyelesaian pembangunan tunnel tersebut dan kami targetkan rampung 100% pada September ini,” paparnya.
Adapun pembangunan fasilitas pendukung lainnya juga terus menunjukkan progres yang lancer, yakni Medical Center dan Helipad telah rampung dibangun.
Sebagaimana diketahui, selain menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung JKK, ITDC juga tengah mengerjakan proyek akses jalan pendukung mobilitas masyarakat di sekitar area JKK. Salah satunya adalah jalan akses sementara menuju Pantai Seger dan Pantai Serenting masing-masing sepanjang 748 m dan 244 m. Saat ini kedua akses jalan tersebut sudah dilengkapi rambu jalan dan bisa diakses oleh masyarakat. (red)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button