HEADLINE NEWSPolitik

Survei PRESiSI: Tren Elektabilitas Rohmi Menurun di Lombok Timur

Mataram (NTBSatu) – Hasil survei terbaru Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (PRESiSI) mengungkap temuan terbaru lokus Lombok Timur. di mana pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi DjalilahH W Musyafirin (Rohmi – Firin), trennya menurun.

“Pada survei September 2024 paska pendaftaran, temuan kami tren elektabilitas pasangan Rohmi – Firin mengalami penurunan dari survei kami sebelumnya bulan Juni 2024,” jelas Direktur Eksekutif PRESiSI, Darwan Samurdja dalam press release-nya, Senin, 30 September 2024.

Mantan Team Leader dan Super Visor Regional LSI Denny JA itu menguraikan, pada bulan awal Juni 2024, posisi elektabilitas pasangan Rohmi – Firin pada pertanyaan semi terbuka, paling banyak dipilih. Sehingga, menempati posisi pertama dengan angka 39,5 persen.

IKLAN

Sedangkan pada survei terbaru September 2024, tren elektabilitasnya mengalami penurunan dari 39,5 persen turun menjadi 36,6 persen.

“Faktor menurunnya di Lombok Timur tentunya disebabkan dua pasangan lain Zul – Uhel dan Iqbal – Dinda selaku kompetitor Rohmi – Firin. Mereka sudah mulai bergerak menggerus basis elektoral Umi Rohmi di Lombok Timur,” ungkap Darwan.

Selain tren pasangan, lanjut Darwan, secara personality Umi Rohmi juga mengalami tren penurunan.

Bulan Juli 2024 dengan posisi elektabilitas 63,2 persen turun menjadi 38,5 persen pada survei September 2024.

“Dalam pertanyaan semi terbuka, untuk posisi elektabilitas personality, Umi Rohmi juga mengalami penurunan. Hal ini terbaca juga pada temuan survei terbaru kami,” ungkapnya.

Pertarungan akan Sengit

Pelaksanaan survei PRESiSI ini, yakni satu minggu pasca-pendaftaran di KPU, yaitu tanggal 4 – 15 September 2024.

Pengumpulan datanya dengan cara wawancara tatap muka (face to face) terhadap 440 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh Kabupaten Lombok Timur.

Adapun survei ini menggunakan methodology Multi stage random sampling atau acak bertingkat. Dengan Margin of Eror (MoE) atau toleransi kesalahan plus minuse 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Pertarungan akan sengit, tapi yang jelas semua paslon, pastinya akan saling menganggu basis elektoral lewat gerakan pertempuran di battle ground, “ tutup Darwan.

Tim pemenangan Rohmi Firin dikonfirmasi terkait hasil survei tersebut, belum merespons NTBSatu. “Oke sebentar ya (tanggapannya),” jawab Ichsanul Wathoni. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button