BERITA LOKALDaerah NTBKota MataramPendidikan

Perpustakaan Modern, Gerbang Literasi dan Edukasi Terbuka Lebar

Mataram (NTBSatu.com)- Kota Mataram telah membangun perpustakaan modern dengan upaya meningkatkan kembali minat baca masyarakat yang hampir pudar.

Proyek ini hampir rampung dan bisa digunakan di beberapa fasilitas seperti pusat baca.

Selain itu, perpustakaan modern ini menjadi pusat literasi dan edukasi terkonsep digital, mengubah citra perpustakaan yang selama ini hanya sebagai tempat peminjaman buku.

Walikota Mataram DR.H.Mohan Roliskana telah meninjau proses pembangunan gedung dan memberikan berbagai arahan terkait penataan serta pengembangan fasilitas pendukung.

Mohan tekankan pentingnya fasilitas yang tidak hanya bersifat indoor.

“Saya tetap memantau perkembangan pembangunan gedung yang nantinya akan menjadi pusat literasi dan edukasi bagi masyarakat Kota Mataram. Saya ingin tempat ini tidak hanya indoor saja, tetapi juga akan lengkap dengan fasilitas pendukung seperti tempat UMKM dan tempat kreasi,” tegasnya.

Iajuga ingin menjadikan gedung perpustakaan sebagai ruang publik yang nyaman dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Perpustakaan ini akan berkonsep modern dan representatif, serta menerapkan teknologi digital dalam sistem pelayanannya. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan buku yang mereka cari menggunakan fasilitas digital yang tersedia,” imbuhnya.

Pembangunan Gedung Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram ini merupakan upaya Pemkot Mataram untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat.

Mohan berharap dengan hadirnya perpustakaan modern ini, masyarakat Kota Mataram akan semakin terpacu untuk gemar membaca dan menambah ilmu pengetahuan.

“Perpustakaan Kota Mataram dapat menjadi model perpustakaan masa depan, yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat peminjaman buku, tetapi juga sebagai pusat kegiatan edukatif dan kreatif,” harapnya.

Beberapa fasilitas pendukung seperti tempat UMKM dan ruang kreasi rencananya untuk memperkaya fungsi perpustakaan sebagai ruang publik yang dinamis dan interaktif.

Dengan ini, Perpustakaan Kota Mataram tidak hanya akan meningkatkan akses masyarakat terhadap literasi dan edukasi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui fasilitas UMKM dan tempat kreasi.

Pemerintah Kota Mataram berkomitmen untuk terus memantau dan mendukung pembangunan gedung ini hingga selesai, memastikan masyarakat dapat menikmati gedung perpustakaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button