Kota Mataram

Seleksi dengan Ketat, Bawaslu Mataram Minta Seluruh PTPS Terpilih Jaga Integritas

Mataram (NTBSatu) – Sebanyak 1.248 orang terpilih menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Mataram yang tersebar di seluruh Kecamatan. Mereka akan dilantik pada hari Senin 22 Januari 2024.

PTPS di Kecamatan Ampenan paling banyak yaitu 250 PTPS dan paling sedikit 192 orang di Kecamatan Sandubaya.

“Berdasarkan data yang sudah dirangkum PTPS per kecamatan se Kota Mataram, Kecamatan Mataram 222 orang, Kecamatan Sekarbela 160 orang, Kecamatan Ampenan 250 orang, Kecamatan Selaparang 218 orang, Kecamatan Cakranegara 206 orang dan Kecamatan Sandubaya 192 orang,” jelas Ketua Bawaslu Kota Mataram Muhammad Yusril, Minggu, 21 Januari 2024.

Pemilihan PTPS dilakukan melalui seleksi yang ketat, mulai dari seleksi administrasi untuk mengecek kelengkapan berkas, keabsahan dan legalitas dokumen pendaftaran.

IKLAN

“Bahkan diseleksi administrasi tersebut, PTPS tidak boleh terdaftar dalam sistem informasi partai politik (Sipol),” terang Yusril.

Baca Juga: Kepala Sekolah di Bima Bantah Tudingan Pemecatan Guru Honorer Lantaran Masih D II

Selain seleksi administrasi, PTPS ini juga melakukan seleksi wawancara yang dilakukan untuk mendalami pengetahuan PTPS terhadap proses pemilu, pengalaman lapangan dan integritas mereka sebagai penyelenggara Pemilu.

“Termasuk juga soal pengetahuan lokal mereka tentang penguasaan wilayah di masing-masing TPS,” ujar Yusril.

Yusril berharap akan menuai hasil yang maksimal selama proses pengawasan di Tingkat TPS. Ia berharap keamanan surat suara yang dicoblos di TPS tidak berubah.

“Hasil suara itu tidak boleh ada yang ditambah dan dikurangi sampai hasil akhir diumumkan di tingkap pusat. Untuk itu saya berharap kepada PTPS yang terpilih untuk menjaga integritas, menjaga kepercayaan dan amanah yang dimandatkan, karena mereka inilah ujung tombak pengawas Pemilu,” harapnya. (WIL)

Baca Juga: Mutiara dari NTB Tembus Pasar Internasional di 10 Negara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button