Kota Mataram

Inilah Rute Pawai Takbiran 1445 H di 6 Kecamatan di Kota Mataram

Mataram (NTBSatu) – Pemerintah Kota Mataram akan kembali menggelar pawai takbiran pada malam lebaran Idulfitri 1445 H mendatang. Pawai takbiran tersebut akan digelar terpisah di enam kecamatan untuk mengefisiensikan waktu, keamanan, dan memecah keramaian.

Para kafilah yang akan ikut serta dalam pawai takbiran di masing-masing kecamatan akan dilepas secara langsung oleh Forum KomunikasI Pimpinan Daerah pada pukul 20.00 Wita. Adapun rute pawainya di masing-masing kecamatan sebagai berikut:

  1. Kecamatan Sandubaya

Camat Sandubaya, Henny Suyasih yang dikonfirmasi NTBSatu pada Sabtu, 6 April 2024 menjelaskan, rute pawai takbiran akan menggunakan satu jalur yakni Jalan TGH. Faesal menuju Tugu Mandalika.

“Sebanyak 28 kafilah akan ikut serta dalam pawai takbiran tahun ini dan akan dilepas oleh Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana di depan GOR Turide. Para kafilah finish di Tugu Mandalika, langsung bisa membubarkan diri,” jelasnya.

  1. Kecamatan Cakranegara

Di Kecamatan Cakranegara, lokasi pawai takbiran 1445 H akan difokuskan di sepanjang Jalan Pejanggik.

“Start di depan Kantor Lurah Cakranegara Barat dan finish di perempatan Cakranegara, pos polisi. Para kafilah bisa bubar langsung di sana menuju lingkungan masing-masing,” ujar Sekretaris Camat Cakranegara, I Wayan Suarditha kepada NTBSatu secara terpisah.

Ia juga menyampaikan, pawai takbiran tahun ini akan diikuti oleh 22 kafilah se-Kecamatan Cakranegara. Salah satu kafilah berasal dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).

  1. Kecamatan Selaparang

Pawai takbiran 1445 H di Kecamatan Selaparang akan diikuti sebanyak 35 kafilah dari 9 kelurahan. Mereka akan mulai pawai dari Gerbang Depan Taman Sangkarenag menuju Islamic Center.

“Rute mulai dari Gerbang Depan Taman Sangkareang di Jalan Catur Warga menuju perempatan STIE AMM, berbelok ke arah kanan dan bubar di perempatan Islamic Center,” kata Camat Selaparang, Mulya Hidayat dikonfirmasi NTBSatu.

“Tetapi seperti Kelurahan Gomong, supaya tidak memutar terlalu jauh, bisa langsung belok atau bubar di perempatan STIE AMM,” sambungnya.  

  1. Kecamatan Mataram

Ketua Panitia Takbiran 1445 H Kecamatan Mataram, Lalu Suyudiningrat yang juga Lurah Punia mengatakan, pelaksanaan pawai takbiran tahun ini akan diikuti 26 kafilah. Hanya saja, tidak semuanya akan memasuki rute utama.

“Ada 7 kafilah dari tiga kelurahan, yakni Pagutan, Pagutan Barat, dan Pagutan Timur yang akan melaksanakan pawai di lingkungannya masing-masing. Sehingga hanya 19 yang akan ikut dalam pawai tingkat Kecamatan Mataram,” jelasnya kepada NTBSatu.

Rute utama tersebut berada di sepanjang Jalan Sriwijaya, Kota Mataram. Para kafilah akan berkumpul terlebih dahulu di perempatan Sriwijaya, lalu berjalan menuju Kantor Camat Mataram dan dapat langsung membubarkan diri.

Berita Terkini:

  1. Kecamatan Ampenan

Sementara itu di Kecamatan Ampenan, pelaksanaan pawai takbiran 1445 H akan difokuskan di Jalan Yos Sudarso hingga Jalan Langko.

“Rutenya akan mulai dari depan Toko Fajar Indah di Jalan Yos Sudarso dan finis di depan Polda NTB,” kata Camat Ampenan, Muzakir Walad kepada NTBSatu.

Untuk jumlah kafilah, pihaknya belum bisa memastikan. Sebab pada hari ini, Minggu, 7 April 2024 merupakan tenggat waktu daftar ulang bagi peserta pawai takbiran.

Namun, bila mengacu pada pelaksanaan tahun lalu, akan ada 47 kafilah yang akan semarakkan malam takbiran di Kecamatan Ampenan.

  1. Kecamatan Sekarbela

Terakhir, pelaksanaan pawai takbiran 1445 H di Kecamatan Sekarbela akan dimulai dari depan Makam Loang Baloq. Kemudian, melalui Lingkungan Bendega, Lingkungan Batu Dawe dan berakhir di pertigaan Jalan Panjitilar.

“Rute ini diambil supaya tidak menimbulkan keramaian massa. Sehingga kafilah yang dari Karang Pule bisa langsung balik begitu sampai di pertigaan. Begitu juga yang dari Kekalik dan Tanjung Karang bisa belok kiri, termasuk yang Mapak juga,” terang Plt. Camat Sekarbela, Cahya Samudra kepada NTBSatu.

Ia menyampaikan, pawai takbiran tahun ini akan diikuti sebanyak 23 kafilah dan akan dilepas langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram, TGH. Mujiburrahman. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button