ADVERTORIAL

Sebelum Menanam Kopi, Yuk Perhatikan Proses Pemilihan Biji yang Baik

Mataram (NTB Satu) – Demi mendapatkan hasil yang berkualitas, maka pemilihan biji kopi harus diperhatikan dengan baik. Bahkan sejak dari penentuan varietas dan jenisnya.

Dilansir dari laman Gramedia, kopi termasuk tanaman tahunan. Artinya, butuh puluhan tahun untuk dapat diproduksi, tepatnya sekitar 20 tahun. Dengan karakteristik seperti itu, pemilihan bibit tidak boleh sembarangan lantaran sekali memilih, tidak dapat diganti kembali.

IKLAN

Terlepas dari pilihan jenis kopi, untuk memperoleh benih kopi, harus melakukan dua cara, pertama dengan pembiakan generatif atau menyemai biji. Yang kedua pembiakan vegetatif atau stek, cangkok, kultur jaringan, dan sejenisnya.

Pada umumnya, petani di Indonesia menggunakan pembiakan generatif yang lebih mudah dan telah banyak digunakan. Pembiakan generatif juga dapat menghasilkan biji kopi yang memiliki akar tunjang sempurna. Dengan begitu, tanaman dapat lebih kokoh.

Untuk mendapatkan bibit kopi, cukup gampang, hanya tinggal membeli di toko pertanian atau langsung dari balai pertanian terdekat supaya lebih aman. Sebab, balai pertanian biasanya menjual benih yang telah diseleksi terlebih dulu.

Demikianlah sekelumit informasi mengenai proses pemilihan biji kopi yang baik dan benar. Semoga, artikel ini dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. (GSR)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button