ADVERTORIAL

Indonesia Punya Banyak Jenis Kopi Pilihan, Yuk Ketahui 4 Jenis yang Paling Terkenal

Mataram (NTB Satu) – Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Barat, memiliki banyak sekali jenis kopi. Biji-biji kopi tersebut dapat ditanam serta memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan menjanjikan. Di Indonesia, terdapat empat jenis kopi paling terkenal, yaitu:

  1. Kopi Arabika

Kopi Arabika adalah jenis biji kopi yang paling diminati lantaran memiliki rasa yang paling nikmat dibanding jenis lainnya. Buah kopi arabika akan berwarna merah terang saat matang. Kopi Arabika memiliki persentase produk akhir dan hasil panennya sekitar 18 hingga 20 persen.

IKLAN
  1. Kopi Robusta

Kopi Robusta adalah jenis kopi yang populer di Indonesia. Dibanding arabika, kopi robusta dapat dipanen lebih cepat. Bentuk buah kopi robusta membulat dan akan berwarna merah cenderung gelap saat matang. Rendemen kopi robusta juga lebih tinggi, yaitu sekitar 22 persen. Namun memiliki harga yang lebih murah dari kopi jenis arabika.

  1. Kopi Liberika

Dibanding kopi arabika dan kopi robusta, jenis kopi liberika masih kalah pamor. Namun, kopi liberika dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah. Ukuran buahnya cenderung tidak rata dan memiliki rendemen sekitar 12 persen, itu artinya sangat rendah.

  1. Kopi Excelsa

Kopi excelsa dapat dikatakan menjadi jenis yang cukup kuat lantaran tahan pada kekeringan dan dapat umbuh subur di mana saja. Baik dataran rendah, dataran tinggi, maupun lahan gambut. Kulit buah kopi excelsa cukup lembut dan dapat dikupas dengan mudah. Sejak tahun 2006 excelsa diklasifikan sebagai bagian dari jenis liberika. (GSR)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button