Pendidikan

Wayang Sasak, Kampanye Sosial di Era Digital

Mataram (NTB Satu) – Kampanye sosial seperti pernikahan dini, korupsi, kekerasan dan lain lain dapat disampaikan ulang dengan revitalisasi materi dan media. Memadukan wayang dan teknologi bisa membuka pasar penikmat sekaligus memelihara budaya.

“Wayang virtual ini bisa menjadi cara baru menyampaikan pesan yang berat dari pemerintah tapi juga memelihara budaya,” ujar Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah saat mengikuti secara daring Sangkep Virtual Festival Berayan yang didukung oleh Gusdurian Peduli, Islam Cinta dan Kitabisa, Rabu 27 April 2022.

Sangkep atau pertemuan membahas eksistensi wayang di era digital dengan kearifan lokal Berayan menurut Bang Zul – Sapaannya – adalah jalan keluar. Pertunjukan wayang sebagai kesenian dan budaya beserta geliat ekonomi di dalamnya memiliki peluang dikenal dunia. Untuk itu ia mengapresiasi para pegiat wayang untuk terobosannya menghidupkan wayang di era digital.

Pegiat Berayan Festival Abdul Latif Apriaman yang juga pendiri Sekolah Pedalangan Wayang Sasak (SPWS), mengaku kerap menggelar pertunjukan dengan berayan bersama komunitas wayang Sasak lainnya. Solid bergotong royong menyumbang kebutuhan pentas.

“Ada yang bawa soundsystem, alat perekam digital dan lain lain sehingga pertunjukan bisa terselenggara,” jelasnya.

Adapula bantuan berupa alat perekam dan smartphone agar para dalang bisa membuat konten pertunjukan dalang atau seputar pedalangan untuk diunggah ke media digital Youtube dan lainnya. Hasilnya, pertunjukan wayang virtual salah seorang dalang bisa ditonton ribuan orang lebih banyak dari pertunjukan konvensional.

H Safwan, Kepala Sekolah pedalangan Wayang Sasak mengatakan, kesulitan yang dialami para pelaku wayang sama di Indonesia. Dengan adanya kreatifitas dalam melakukan pertunjukan sedikit banyak membantu para dalang dalam berkreasi dan berekspresi.

“Namun untuk kebudayaan, kita masih banyak membutuhkan orang orang yang peduli dengan wayang untuk regenerasi dan pelestarian,” ungkapnya. (r)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button