BERITA NASIONALKesehatan

Harus Waspada, Ini Penyakit yang Rentan Dialami Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci

Mataram (NTBSatu) – Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Tahun ini, pemerintah memberangkatkan total 241.000 jemaah haji, dengan 45.000 di antaranya merupakan jemaah lansia.

Di tengah cuaca panas Tanah Suci, jemaah haji Indonesia, terutama lansia, perlu menjaga kondisi fisiknya agar tetap bugar dan sehat.

Berdasarkan catatan Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) yang dilansir dari Kompas, berikut beberapa penyakit yang rentan dialami jemaah haji:

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
    Penyebab utama ISPA adalah kerumunan besar jemaah, polusi udara, dan perubahan suhu drastis di Mekah dan Madinah.
  2. Gangguan Pencernaan
    Perubahan pola makan, air minum yang berbeda, dan sanitasi yang tidak memadai dapat menyebabkan diare, muntah, atau sakit perut.
  3. Dehidrasi
    Cuaca panas di Mekah dan Madinah meningkatkan risiko dehidrasi, terutama jika jemaah haji tidak cukup minum air.
  4. Penyakit Kulit
    Panas dan kelembaban tinggi di Tanah Suci dapat menyebabkan penyakit kulit seperti infeksi jamur, ruam panas, atau luka akibat gesekan pakaian.
  5. Penyakit Menular
    Interaksi dengan jemaah dari berbagai negara dengan kondisi kesehatan yang berbeda dapat memicu flu, demam, atau penyakit menular lainnya.
  6. Penyakit Kronis
    Perubahan pola makan, kurang istirahat, dan stres selama perjalanan dapat memperparah kondisi seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung.
  7. Trauma atau Cedera
    Kerumunan besar saat melakukan ritual seperti tawaf dan melempar jumrah dapat menyebabkan trauma atau cedera.

Berita Terkini:

Selain itu, berikut beberapa obat-obatan yang perlu dibawa seperti Obat antidiare, Obat pencernaan, Obat pereda nyeri, Obat alergi, Obat untuk masalah kulit, Obat flu dan batuk dan Obat pribadi (sesuai kondisi kesehatan)

Calon jemaah harus memperhatikan bagaimana agar tetap menjaga kesehatan selama ibadah haji dengan minum air putih yang cukup, menjaga pola makan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan menghindari kerumunan

Dengan menjaga kesehatan dan mengikuti tips, jemaah haji Indonesia diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button