Kesehatan

Kasus Cacar Monyet Dilaporkan Muncul di Lombok Tengah

“Di Rumah Sakit tersebut pasien diberikan obat-obatan dan lukanya dibersihkan. Lukanya pun mulai mengering,” ungkap Fikri.

Setelah pulang dari Rumah Sakit. Pasien masih merasa sesak, keluar bintik-bintik merah di punggung, lengan, kaki, dan bibir.

Sehingga pada Senin, 30 Oktober 2023, pasien kembali melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Patut Patuh Patju dan disarankan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB. Namun keluarga pasien memilih isolasi mandiri.

Berita Terkini:

Adapun kondisi terkini pasien pada Rabu, 8 November 2023 sudah membaik (sehat). Lesi sudah mengering dan saat ini sedang isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan puskesmas.

Menanggapi hal tersebut, Dinkes NTB melakukan berbagai upaya adanya temuan tersebut. Antara lain, memaksimalkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Tengah dan Puskesamas Ubung.

Selanjutnya, melakukan tata laksana kasus dengan pengobatan simptomatik, memantau perkembangan kasus penderita, melakukan komunikasi risiko pada penderita agar tidak banyak kontak dengan orang lain dan tertib melakukan isolasi.

Selain itu, melakuan pemantauan atau surveilans ketat pada wilayah puskesmas, meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini kasus MPOX di semua wilayah kabupaten/kota, serta penyiapan alat pengambilan specimen (VTM). (MYM)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button