Daerah NTB

Persiapan MotoGP Mandalika Dinilai Sudah Siap

Mataram (NTBSatu) – MGPA siap menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Baik periapam balapan maupun non-balapan.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, persiapan non-balapan mencakup elemen-elemen parkir, infrastruktur, lokasi acara pendukung, serta hubungan dengan penyewa tenda. Sementara persiapan balapan mencakup aspek terkait lintasan, seperti pengecatan, kebersihan, kelistrikan, videotron, tribun, dan lainnya.

Priandhi memastikan semua berjalan sesuai rencana. Ia memantau bahkan mengawasi secara langsung dan mencoba penggunaan peralatan yang terpakai dalam proses persiapan.

“Saya tidak hanya memberikan instruksi, tetapi turun langsung ke lapangan untuk memastikan hasil pekerjaan sesuai standar yang ada,” ungkap Priandhi dalam keterangan persnya diterima NTBSatu, Sabtu, 7 September 2024.

Persiapan balapan adalah yang paling krusial. Ia tidak menginginkan ada kesalahan sedikitpun. Sebab, kesalahan sekecil apapun dapat berakibat fatal, bahkan mengancam kelangsungan balapan.

Misalnya, pembersihan lintasan. Tidak boleh ada kotoran yang berakibat aspal menjadi lincin. Begitu pula dengan area pinggir lintasan yang harus dicat dengan warna tertentu. Agar pembalap bisa melihatnya saat memacu kendaraannya di lintasan.

Selain itu, sistem penerangan, kamera CCTV, dan semua peralatan harus berfungsi dengan sempurna. Seluruhnya akan teruji saat proses homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Saat itu, Sirkuit Mandalika harus memperoleh Grade A agar dapat menjadi tuan rumah MotoGP.

Meski ini tantangan besar, Priandhi yakin Sirkuit Mandalika akan lolos homologasi FIM. Karenanya, selalu memantau langsung setiap detail persiapan. Mulai dari sumber daya manusia, alat, bahan hingga aspek teknis pengerjaan.

Marshal yang sudah biasa bekerja di Sirkuit Mandalika sangat mampu mengerjakan berbagai hal. Bahkan, tidak terdapat pihak asing yang menjadi marshal, seluruhnya dari NTB.

“Kami sangat senang dan bangga bahwa mereka mampu mengambil alih berbagai pekerjaan ini,” pungkas Priandhi. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button