Pendidikan

Jadwal Kegiatan Pembelajaran SMA/SMK/SLB di NTB Selama Ramadan

Mataram (NTB Satu) – Memasuki bulan Ramadan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB mengeluarkan surat penyesuaian kegiatan pembelajaran selama Ramadan.

Dalam surat tersebut, Dikbud NTB memfokuskan kegiatan di sekolah untuk meningkatkan Iman dan Takwa. “Pembelajaran selama Ramadan dikurangi dan akan lebih meningkatkan program spiritual, seperti meningkatkan keimanan dan ketakwaan di sekolah,” ungkap Kepala Dikbud NTB, H. Aidy Furqan, Jumat, 17 Maret 2023.

Program spiritual ini, kata Aidy, sangat relevan dengan amalan yang dianjurkan bulan puasa. “Sehingga ini meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa dan para guru,” jelasnya.

Waktu belajar pada bulan Ramadan pun berbeda dengan hari biasa. Pembelajaran dimulai pukul 08.00 sampai 12.30 Wita. Setelah selesai, dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjemaah bagi muslim dan kegiatan keagamaan lain bagi non-muslim.

Selain itu, kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik ditiadakan. “Seperti olahraga kita off kan dulu, kecuali praktikum yang juga kita beri sesuai dengan standarnya,” tambah Aidy.

Sekolah pun diharapkan mengadakan kegiatan untuk menguatkan implementasi profil Pelajar Pancasila. Mulai dari kegiatan berbagi takjil untuk warga sekolah maupun masyarakat, hingga spiritual camp di sekolah.

Dikbud NTB juga meminta sekolah membuat lembar kegiatan siswa selama bulan Ramadan. Lembar kegiatan siswa ini berisi aktivitas harian siswa terutama agenda di malam bulan Ramadan.

Pemberlakuan kebijakan pembelajaran selama Ramadan tersebut mulai tanggal 27 Maret sampai 20 April 2023. Kebijakan ini berlaku bagi SMA/SMK/SLB se-NTB. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button