ADVERTORIAL

Bio Farma Kolaborasi dengan SIRCLO, Luncurkan B2B Marketplace Produk Farmasi dan Alat Kesehatan

Mataram (NTB Satu) – Bertepatan dengan HUT Holding BUMN Farmasi yang ke-3, yang jatuh pada pada tanggal 31 Januari, Bio Farma sebagai induk Holding BUMN Farmasi yang beranggotakan Kimia Farma, Indofarma dan Inuki mengadakan Grand Launching Marketplace berbasis web dengan nama Medicine Distribution Business Zone, Medbiz by Bio Farma.

Medbiz merupakan bukti transformasi digital yang akan menjadi marketplace end-to-end untuk distribusi produk obat-obatan dan alat kesehatan. Pembuatan Medbiz ini, sejalan dengan tujuan pembentukan Holding BUMN Farmasi, yaitu untuk menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi yang terintegrasi, cepat dan efisien  untuk mendorong terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia.

IKLAN

Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma, Soleh Ayubi menyampaikan “Hari ini kita launching beberapa produk yang luar biasa dan revolusioner, yang kita harapkan menjadi new revenue stream untuk Bio Farma. Tapi yang terpenting adalah produk yang kita launching hari ini dapat menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan Global”.

“Yang kita lakukan itu bukan sekadar digitalisasi, tapi merevolusi cara kita berjualan di industri farmasi. Kita meng-encourage Bapak dan Ibu yang memiliki Klinik, Apotik, dan Rumah Sakit untuk mendaftar di MedBiz, kemudian dibantu cara membelinya dengan didampingi oleh sales person kita. Begitu ini sudah berjalan normal, next stage-nya adalah Bapak dan Ibu hanya perlu mengorder obat-obatan secara langsung melalui MedBiz tanpa perlu didampingi” ujar Soleh Ayubi.

“Ada dampak positif dari adanya MedBiz, bagi kami Bio Farma Group ataupun nanti yang akan bergabung, dengan menggunakan MedBiz Bapak dan Ibu dapat saving sekitar 20% dari waktu yang biasanya dipakai untuk mengurusi sales, yang nantinya bapak ibu dapat menggunakan 20% waktu itu untuk mencari client baru. Tapi kita tidak akan berhenti di sini, we gonna continue, we’ll not stop here” urai Soleh Ayubi.

Medbiz telah melakukan soft launching pada tanggal 31 Agustus 2022 dan memiliki 3 distributor resmi yaitu Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma.  Ketika baru berjalan sekitar  5 bulan, sudah terdapat 11 distributor di area Bandung, Jabodetabek dan Purwokerto dengan 100 buyer yang terdaftar di Medbiz.

IKLAN

Pencapaian Medbiz sejak bulan September 2022 hingga Desember 2022, telah berhasil mencapai  3807 transaksi di Medbiz dengan 3309 customer yang sudah mendaftar dan 56 jumlah distributor  yang sudah tersebar di seluruh area Indonesia mulai dari Aceh sampai ke Papua. Dengan kekuatan Healthcare ekosistem yang dimiliki Holding BUMN Farmasi dan komitmen dari semua entitas untuk mengimplementasikan aplikasi ini, diharapkan akan menjadi solusi untuk memudahkan proses pengadaan obat, alat kesehatan dan produk kesehatan lainnya.

Kolaborasi dengan SIRCLO

Sebagai One Stop Medical Supplies, Medbiz menghadirkan beragam fitur baik di laman resmi maupun aplikasi untuk membantu para penyedia jasa farmasi dalam menjelajah lebih banyak kategori produk dan pilihan distributor resmi. Kehadiran fitur-fitur tersebut merupakan hasil dari konsultasi yang dilakukan dengan ICUBE by SIRCLO, serta personalised solutions yang ditawarkan oleh Swift by SIRCLO.

ICUBE by SIRCLO merupakan salah satu produk SIRCLO berupa Magento Premier Solutions Partner yang menghadirkan layanan konsultansi strategi dan implementasi teknologi omnichannel. Namun, seiring dengan permintaan dari brand untuk memperkuat pengelolaan laman penjualannya semakin meningkat, Swift by SIRCLO hadir sebagai platform penyedia solusi pengembangan teknologi omnichannel. Kedua produk dan solusi di bawah naungan SIRCLO Group inilah yang turut berperan dalam pengembangan Medbiz.

“SIRCLO terus berupaya untuk membantu berbagai lini bisnis dalam bertransformasi secara digital tanpa terkecuali. Hal ini diwujudkan dengan mendukung upaya bisnis, termasuk di skala BUMN, untuk dapat terus bertransformasi. Melalui produk yang ditawarkan seperti ICUBE by SIRCLO dan Swift by SIRCLO, kami menghadirkan kemudahan bagi para pelaku bisnis melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi, serta dengan memberikan customised solutions,” tutur Muliadi Jeo, Chief Technology Officer Enterprise Solutions, SIRCLO. (PR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button