Survei

Survei Netralitas Pj. Gubernur NTB pada Pemilu 2024: 64,1 Persen Yakin, 35 Persen Ragu

Mataram (NTBSatu) – Setelah hasil survei kepercayaan publik mencapai 64,1 persen terhadap Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, NTBSatu bersama Smartpoll Indonesia (SPI) mencoba mengulik respons masyarakat soal netralitas.

Berkaitan dengan agenda politik 2024, survei ditarik untuk menguji sejauh mana netralitas kepemimpinan Lalu Gita Ariadi yang berstatus ASN, pada sisi lain mengemban “jabatan politis”.

IKLAN

Dalam hal ini, Penjabat Gubernur NTB akan menjadi bagian dalam penyelenggaraan dan suksesnya Pemilu Legislatif dan Presiden 14 Februari 2024 di wilayah NTB.

“Selain itu penjabat juga akan menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan Pilkada serentak yang direncanakan akan digelar pada 27 November 2024,” kata Direktur SPI, Fahrunnisa, S.Sos.,M.Si.

Bagaimana padangan publik tentang hal ini?
Apakah Anda yakin penjabat gubernur NTB mampu menjaga netralitas pada Pileg, Pilpres, dan Pilkada 2024?

Sebanyak 64,1% responden menyatakan yakin. Jumlah ini akumulasi dari 13,5% responden menyatakan sangat yakin dan 50,6% responden menyatakan yakin, bahwa Lalu Gita dapat menjaga netralitas sebagai Penjabat Gubernur NTB pada Pileg, Pilpres, dan PIlkada 2024.

Sementara terdapat 31,8% responden menyatakan tidak yakin, dan 3,2% merasa sangat tidak yakin bahwa lalu Gita dapat menjaga netralitas. Totalnya, 35 persen tidak yakin.

IKLAN

Sementara yang tidak memberikan jawaban sebanyak 0,9%.

Survei Netralitas Pj Gubernur NTB pada Pemilu 2024. Foto: Smartpoll Indonesia

SPI bersama NTBSatu mempertimbangkan netralitas Pj. Gubernur sebagai parameter survei, sebab melihat hubungannya dengan peran aktif istrinya di kancah politik.

Hasil tracking tahun 2020, istri Lalu Gita, yaitu Lale Prayatni pernah mengikuti kontestasi Pilkada sebagai calon Bupati Lombok Tengah.

Setelah gagal di Pilkada Lombok tengah, kini Lale Prayatni maju menjadi Caleg DPRD NTB Dapil Mataram melalui Partai Golkar.

“Hal ini cukup menguatkan penilaian oleh 35 persen responden yang menyatakan bahwa mereka ragu atas netralitas Lalu Gita di tahun politik 2024 nanti. Tentu hal ini akan menjadi catatan tersendiri bagi Lalu Gita sebagai Penjabat Gubernur NTB,” kata Pemred NTBSatu, Haris Mahtul. (HAK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button