HEADLINE NEWSINTERNASIONAL

Deklarasi Balfour 1917 Dianggap Jadi Cikal Bakal Penjajahan Israel di Palestina

Mataram (NTBSatu) – Perjanjian yang dikeluarkan Pemerintah Inggris pada tanggal 2 November 1917 dianggap sebagai cikal bakal munculnya penjajahan di tanah Palestina. Sebab, perjanjian yang dikenal dengan nama ‘Deklarasi Balfour’ itu mendukung pendirian ‘rumah nasional’ bagi orang-orang Yahudi di Palestina.

Alhasil pada awal kemunculannya, Deklarasi Balfour dinilai kontroversial. Sebab, memiliki tujuan untuk mendukung zionis dalam mendirikan negara Yahudi di Palestina.

IKLAN

Dikutip dari Al Jazeera Selasa, 7 November 2023, perjanjian Balfour telah dipandang sebagai salah satu yang mempercepat peristiwa Nakba, yakni pembersihan etnis Palestina pada tahun 1948 dan penjajahan yang dilakukan oleh zionis Israel.

Kala itu, kelompok bersenjata Zionis, yang dilatih oleh Inggris, secara paksa mengusir lebih dari 750.000 warga Palestina dari tanah air mereka.

Oleh karena itu, dokumen ‘Deklarasi Balfour’ ini dianggap sebagai salah satu dokumen paling kontroversial dan diperebutkan dalam sejarah modern dunia Arab dan telah membingungkan para sejarawan selama beberapa dekade.

IKLAN
IKLAN
1 2 3 4Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button