Kota Mataram

DLH Kota Mataram Punya Mobil Penyapu Jalan, Bisa Sedot Sampah Sampai 12 Kuintal Sehari

Mataram (NTB Satu) – Mobil penyapu jalan milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram diklaim dapat menyapu sekaligus mengangkut 12 kuintal sampah dedaunan dalam sehari. Hal itu disampaikan oleh Kepala DLH Kota Mataram, Kemal Islam pada Jumat, 7 Oktober 2022.

“Sampah yang diangkut itu langsung dijadikan bahan pupuk kompos,” imbuh Kemal.

IKLAN

Mobil truk berukuran sedang dengan warna dominan kuning itu beroperasi di jalan protokol sekali dalam sehari, mulai dari pukul 04.00 Wita hingga selesai.

“Iya masih sekali sehari, tapi kalau kita anggap ada jalan (protokol) yang masih kotor, kita masuk ke sana lagi. Kita lihat kondisinya,” terangnya.

Ia menilai, adanya mobil penyapu jalan tersebut cukup efektif mempercepat laju pembersihan jalan yang terdapat banyak pohon lebat di Kota Mataram. Meski begitu, kata Kemal, mobil penyapu jalan itu tidak membuat DLH melakukan pemindahan apalagi pengurangan jumlah tenaga pembersih manual pada jalan yang dilewati mobil tersebut.

“Karena daunnya (jatuh) susah diajak damai (dikontrol),” katanya.

IKLAN

Mobil penyapu jalan tersebut, merupakan hadiah untuk DLH Kota Mataram saat perayaan HUT ke-29 Kota Mataram pada 31 Agustus 2022 kemarin. Kota Mataram, diklaim satu-satunya daerah yang memiliki mobil kebersihan serupa, yang dapat menyapu sekaligus menyedot sampah daun masuk ke dalam bak mobil, dan juga memiliki fitur penyemprot tanaman. (RZK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button