Pendidikan

Apoteker Unram Angkatan Ke-1 Dilantik, Hasil Kelulusan Capai 100 Persen

Mataram (NTBSatu) – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram (FKIK Unram) melaksanakan acara Pengambilan Sumpah Apoteker Angkatan Ke-1. Acara itu berlangsung di aula dr. Yunita Sabrina, FKIK Unram pada Selasa, 17 September 2024.

Pengambilan sumpah apoteker ini merupakan yang pertama Unram laksanakan, dengan hasil kelulusan mencapai 100 persen. Nilai rata-rata kelulusan mereka mencapai angka 69,4 yang melebihi rata-rata nilai nasional, yaitu 59,1.

Sebanyak 20 mahasiswa yang telah melewati ujian kompetensi apoteker nasional secara resmi mengambil sumpah apoteke. Dekan FKIK Unram, Dr. dr. Afri Syamsun, Sp. KF., M.Si.Med., melantik secara langsung.

Dalam acara itu, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si.; Dinas Kesehatan NTB; perwakilan anggota IA. Kemudian, Balai BPOM NTB; direktur rumah sakit, puskesmas, dan apotek mitra; serta orang tua/wali.

Dalam sambutannya, Dekan FKIK Unram, dr. Arfi menyampaikan harapannya. “Para apoteker ini akan bertugas sebagai apoteker di berbagai fasilitas kesehatan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Saya yakin mereka dapat melaksanakan tugas dengan maksimal dan profesionalisme,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Nana -sapaannya- melihat profesi ini memiliki banyak peluang untuk memberikan pelayanan dan edukasi terkait kefarmasian kepada masyarakat.

“Apoteker tidak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan kepada pasien secara komprehensif semata. Harus mampu menjadi pribadi yang unggul dan berintegrasi dalam bidang pelayanan kesehatan. Sehingga, bisa menjadi mitra dokter yang baik. Serta, mampu mengedukasi dan menjelaskan bagaimana produksi obat, cara pemakaian obat, efek samping obat, membantu menjaga kesehatan nasional,” ujarnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini tidak hanya menjadi momen haru dan perayaan. Tetapi juga menjadi momentum penting sebagai apoteker baru bagi FKIK Unram, dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di NTB dan Indonesia. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button