Daerah NTB

BMKG: Kabupaten Lombok Timur 53 Hari Tanpa Hujan

Mataram (NTBSatu) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 36 persen wilayah Indonesia dari Zona Musim (ZOM) telah memasuki musim kemarau.

“Sudah ada satu wilayah yang tidak mengalami hujan selama 53 hari yakni di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB),” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Selasa, 4 Juni 2024.

Lombok Timur menjadi daerah kurang hujan terpanjang sampai dengan akhir Mei 2024 dan masuk ke kategori sangat panjang.

Adapun BMKG melaporkan wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian Kepulauan Riau, sebagian Banten, sebagian Jawa Barat.

Berita Terkini:

Kemudian, D.I Yogyakarta, sebagian Jawa Tengah, Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Gorontalo, dan sebagian Sulawesi Utara.

Memasuki musim kemarau ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk hemat menggunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan bisa dihadapi bersama.

“Bagi daerah yang masih masuk musim hujan, periksa lingkungannya supaya bisa menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik,” imbaunya.(STA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button