Lombok Timur

Pemkab Lombok Timur Genjot Kualitas Pelayanan PAUD, Satu Dusun Satu PAUD

Lombok Timur (NTBSatu) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur tengah menggenjot kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bukan berfokus pada fasilitas, melainkan pada pelayanan untuk murid.

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur, Rasyid Ridho, mengatakan peningkatan kualitas pada PAUD adalah satu hal mutlak.

“PAUD ini kan pondasi. Kalau ingin kokoh, ya kita harus tingkatkan kualitas pelayanannya,” kata Rasyid, Selasa, 21 Mei 2024.

Ia menjabarkan, terdapat sejumlah metode guna meningkatkan kualitas pendidikan pada siswa PAUD. Pertama adalah tingginya intensitas orang tua dalam menemani proses belajar anak di dalam kelas.

“Jadi kita ingin orang tua terus mendampingi anak saat belajar. Bukan hanya datang sekali masa, atau hanya pas bagi rapor,” ucapnya.

Selain itu, guna menghasilkan output pendidikan yang optimal pada anak, orang tua diminta menjadi sumber belajar utama bagi anak.

Berita Terkini:

Adapun jumlah PAUD di Kabupaten Lombok Timur saat ini sebanyak 1.072 unit sekolah. Di mana 43 di antaranya berstatus negeri.

Jumlah itupun akan terus ditambah hingga mencapai jumlah yang proporsional. Yaitu satu dusun punya satu PAUD.

“Satu PAUD pada 150 anak berusia 0 hingga 6 tahun di sekitar area PAUD,” ujarnya.

Sementara, Bantuan Operasional PAUD (BOP) di Lombok Timur pada 2024 sebanyak Rp32 miliar. Lalu anggaran penunjang senilai Rp350 juta. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button