BERITA LOKALDaerah NTB

Miq Iqbal Soroti Peran Pemda dalam Sertifikasi UMKM di NTB

Mataram (NTBSatu) – Jubir Kemenlu RI sekaligus Cagub NTB 2024-2029, Lalu Muhammad Iqbal menyarankan agar setiap UMKM di NTB melaksanakan proses sertifikasi.

Pria yang akrab disapa Miq Iqbal itu mengatakan, Pemprov NTB mesti mengintervensi atau membantu para UMKM untuk memenuhi proses sertifikasi. Sebab, proses sertifikasi sangatlah penting.

Miq Iqbal menerangkan bahwa proses sertifikasi tidak bisa dilakukan hanya oleh pelaku UMKM, mesti ada intervensi dari pemerintah.

Proses sertifikasi cukup rumit, sehingga pemerintah perlu membantu UMKM untuk melakukan proses sertifikasi. Bagi Miq Iqbal, pemerintah punya tugas untuk memperkuat yang lemah tanpa harus melemahkan yang kuat.

“UMKM adalah salah satu sektor yang lemah. Sebab, jika tidak lemah, maka bukan UMKM namanya,” ungkap Miq Iqbal, dikutip dari akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Berita Terkini:

Pria yang pernah menjabat Duta Besar Indonesia untuk Turki ini juga membagikan pengalamannya saat bekerja di luar negeri. Miq Iqbal menjelaskan bahwa negara-negara Eropa memiliki sistem Chartered Accountant (CA) untuk mensertifikasi seluruh UMKM mereka.

“Kalau UMKM-nya tidak memenuhi persyaratan sistem CA, maka tidak akan bisa tersertifikasi,” terang Miq Iqbal.

Sementara itu, di negara-negara Amerika, menurut cerita Miq Iqbal, para UMKM memiliki harus memiliki sertifikat Food and Drug Administration (FDA), sejenis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bila di Indonesia. Serta, Kosher, sertifikasi yang menyatakan kehalalan sebuah produk yang dikerjakan oleh orang-orang Yahudi, sejenis Majelis Ulama Indonesia (MUI) jika di Indonesia.

“Sementara di Turki, memiliki sistem yang cukup mirip dengan Eropa dan Amerika, lebih tepatnya di tengah-tengah. Para UMKM di Turki sangat terbantu dengan sistem sertifikasi yang diterapkan oleh pemerintah mereka,” jelas Miq Iqbal.

Oleh karena itu, Miq Iqbal berpesan kepada pemerintah daerah agar senantiasa membantu UMKM untuk mensertfikasi produk-produk mereka.

“Itu bertujuan untuk keselamatan bersama,” tutup pria yang kini telah membulatkan tekad maju dalam Pilgub NTB 2024 ini. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button