Kota Mataram

Dapat Anggaran Rp500 Juta, Mataram Berikan Pelatihan dan Alat untuk UMKM

Mataram (NTB Satu) – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram akan mendapatkan bantuan alat untuk bidang jahit dan kue, tetapi harus melewati proses pelatihan terlebih dahulu.

Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram mendapatkan bantuan dana dari program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp500 juta pada tahun 2023 ini. Dana bantuan tersebut akan dialokasikan untuk pemberian alat kepada pelaku UMKM di Kota Mataram.

“Bantuan tahun ini ada melalui program DBHCHT untuk bidang UMKM yaitu, ada 2 paket untuk jahit dan 2 paket untuk kue, tetapi mereka harus pelatihan terlebih dahulu, baru dapat bantuan,” kata Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Mamluatul Chair, Rabu 15 November 2023.

Mamluatul menambahkan saat ini sedang berlangsung pelatihan UMKM yang diikuti oleh 120 peserta. Pelatihan tersebut diikuti oleh UMKM yang sudah berproduksi atau berpengalaman karena jika alatnya diberikan kepada UMKM pemula, dikhawatirkan tidak berfungsi.

“Karena setelah pelatihan, kita langsung berikan alatnya, kalau masih pemula dikhawatirkan alat tersebut tidak berfungsi,” jelasnya.

Proses pelatihan UMKM tersebut berlangsung di Hotel Pratama, Kota Mataram dengan rincian paket untuk kue selama lima hari, dan paket untuk menjahit empat hari. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button