Pendidikan

Hasil Riset IMD TWR 2023: Indonesia Masih Perlu Pembenahan Alokasi Anggaran Pendidikan dan Cara Belajar

Mataram (NTBSatu) – International Institute for Management Development World Talent Ranking (IMD TWR) merilis hasil risetnya tentang daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia 2023, Senin, 23 Oktober 2023.

Berdasarkan hasilnya, daya saing SDM Indonesia meningkat ke peringkat 47 dari 64 negara di dunia. Sebelumnya pada tahun 2022 peringkat Indonesia berada di peringkat 51.

IKLAN

Adapun faktor yang dilihat dalam riset tersebut, yakni investasi dan pengembangan SDM, daya tarik bagi SDM asing, dan tingkat kesiapan untuk mempertahankan SDM di dalam negeri.

Berita Terkini:

Ketiga faktor tersebut pun memiliki faktor-faktor turunan yang juga menjadi pertimbangan dalam riset ini. Mulai dari penerapan kerja magang dan prioritas pelatihan di tempat kerja. Kemudian, indeks biaya hidup di Indonesia.

Serta, kecukupan ketersediaan tenaga kerja terampil dan daya saing manajer senior di Indonesia yang dinilai cukup baik.

Meskipun peringkat Indonesia naik cukup signifikan pada tahun ini, menurut peneliti dari IMD WTR, Indonesia masih harus melakukan pembenahan di sejumlah area.

Direktur International IMD TWR yang memproses riset tersebut, Prof. Arturo Bris menyampaikan, salah satu faktor yang perlu dibenahi oleh Indonesia adalah peningkatan alokasi dana pendidikan.

Pasalnya, anggaran pendidikan Indonesia saat ini masih rendah. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2022, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia Rp19.588 triliun. Sedangkan anggaran pendidikan terealisasi tahun 2022, Rp472,6 triliun.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button