ADVERTORIAL

40 Perusahaan Buka Peluang Kerja pada Puncak Perayaan Bulan K3 di KEK Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Puncak peringatan bulan K3 yang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan ditutup dengan job fair atau bursa kerja. Sebanyak 40 perusahaan menyediakan lowongan kerja.

“Di dalam Job Fair tersebut, kami menargetkan untuk melibatkan 40 perusahaan di lingkar KEK Mandalika dan termasuk tiga perusahaan P3MI, salah satunya yang memiliki surat order untuk penempatan di Arab Saudi,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, I Gede Putu Aryadi S.Sos., M.H, Senin, 6 Februari 2023.

IKLAN

Sampai saat ini, telah terdaftar 35 perusahaan yang akan mengikuti kegiatan Job Fair. Menurut Gede, kemungkinan, pelamar pekerja tidak seluruhnya dapat hadir. Namun, perusahaan-perusahaan dipastikan akan hadir.

“Kira-kira, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai ratusan, bahkan ribuan. Mengenai jenis jabatan yang akan dibuka, mungkin akan ada di sektor perhotelan, industri pengolahan, retail, dan masih banyak lagi. Akan ada juga kesempatan bekerja di luar negeri pada sektor kapal pesiar,” jelas Gede.

Gede menjelaskan, Job Fair adalah media pertemuan antara pencari kerja dan penerima kerja. Di dalam Job Fair, pencari kerja dapat memilih jenis pekerjaan yang diinginkannya.

“Lulusan ilmu ekonomi mungkin nanti dapat melamar jadi akuntan di perusahaan-perusahaan tertentu,” beber Gede.

Disnakertrans NTB memilih konsep hybrid untuk Job Fair agar para pencari kerja dapat segera terdaftar di dalam sistem. Sehingga, pencari kerja dapat terdaftar secara by name and by address.

“Dengan sistem hybrid, kami dapat mengawal calon pekerja hingga ke sektor penempatan,” terang Gede.

Selanjutnya, Gede menerangkan, Job Fair dapat dirangkaikan dengan momentum perekrutan tenaga kerja jelang gelaran WSBK Mandalika 2023.

“Kami ingin mendesak para perusahaan di sekitar KEK Mandalika benar-benar dapat memberdayakan tenaga kerja yang berasal dari sekitar daerah tersebut, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” pungkas Gede. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button