Daerah NTB

Tetap Waspada, Potensi Cuaca Buruk Masih Ada hingga 10 Hari ke Depan

Mataram (NTB Satu) – Potensi terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang di Provinsi NTB masih tinggi hingga dasarian I atau 1 hingga 10 Januari 2023. Hal itu diungkapkan langsung oleh BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat (Staklim NTB).

Curah hujan pada dasarian I Januari 2023 di NTB dengan intensitas >20 mm/dasarian dan intensitas >50 mm/dasarian berpeluang sangat tinggi terjadi di seluruh wilayah NTB, dengan probabilitas 50 hingga 90 persen, kecuali di wilayah Lombok Utara.

IKLAN

Lalu curah hujan dengan intensitas >100 mm/dasarian diprakirakan terjadi di wilayah Sanggar, Kilo dan Tambora dengan probabilitas 50 hingga 90 persen, serta di wilayah Lombok Barat bagian selatan dengan probabilitas 50 hingga 80 persen.

Terdapat peluang curah hujan >150 mm/dasarian berpeluang terjadi di wilayah Tambora dan Sanggar dengan probabilitas 50 hingga 90 persen.

Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi pada level Awas terdapat di Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. Kemudian level Siaga terdapat di Kabupaten Dompu yaitu Kecamatan Pekat. Sementara itu, pada level Waspada terdapat di hampir semua wilayah NTB.

Karena itu, masyarakat NTB diharapkan untuk terus waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologi.

IKLAN

“Potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir. Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari,” terang Prakirawan BMKG Staklim NTB, Angga Permana. (RZK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button