Sumbawa

Program KMHDI Mengajar di Sumbawa Resmi Dibuka, Diharapkan Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Mataram (NTBSatu) – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) NTB menggelar kegiatan KMHDI Mengajar, dengan tema ‘Segenggam Harapan Sejuta Cita’ di Banjar Wanagiri, Dusun Bina Karya, Desa Sabedo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, sejak tanggal 7 sampai 9 April 2024.

Kegiatan tersebut sebagi bentuk kepedulian PD KMHDI NTB terhadap Pendidkan Hindu. Sebab menurutnya, bidang pendidikan adalah suatu hal penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kepala Desa Sabedo, Arifin, S.T., berharap melalui kegiatan KMHDI Mengajar ini anak-anak Dusun Bina Karya dapat termotivasi untuk mengejar pendidikan lebih tinggi. Termasuk, hasil kegiatannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Anak-anak Dusun Bina Karya, semoga kalian terinspirasi untuk mengejar pendidikan lebih tinggi setelah melihat teman-teman mahasiswa melakukan kegiatan KMHDI Mengajar,” ungkap Arifin saat pembukaan Minggu, 7 April 2024.

“Saya berharap hasil kegiatan ini dapat langsung kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua PC KMHDI Mataram, I Putu Eka Widiantara menjelaskan, bahwa KMHDI adalah wadah bagi mahasiswa Hindu di Indonesia untuk mencapai tujuan bersama berlandaskan prinsip dharma atau bernafaskan Hindu untuk kepentingan bangsa.

Sehingga, harapannya melalui KMHDI Mengajar dapat meningkatkan motivasi belajar teman-teman di sini.

“Harapan untuk KMHDI Mengajar ke depannya dapat meningkatkan motivasi teman-teman di sini untuk belajar lebih tinggi lagi, belajar lebih giat, dan meningkatkan kesadaran untuk belajar lebih tinggi lagi,” tutur I Putu Eka Widiantara.

Berita Terkini:

Selanjutnya, Ketua PD KMHDI NTB, Ni Putu Virgi Eka Ayu Rasta mengungkapkan, bahwa pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan sosial.

“Sebagai organisasi sosial keagamaan, KMHDI mengerti bahwa kualitas pendidikan adalah kunci perubahan. Melalui KMHDI Mengajar, kami ingin berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat,” ungkapnya.

Virgi, sapaan akrab Ketua PD KMHDI NTB ini, juga mengatakan bahwa masalah kemiskinan, stunting, dan pernikahan dini berakar dari pendidikan yang kurang baik.

“Oleh karena itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari perayaan Hari Pendidikan Nasional, di mana kami berharap dapat membagikan kesadaran akan pentingnya pendidikan tinggi kepada anak-anak dan masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PHDI Kabupaten Sumbawa, I Nyoman Mandi, menyampaikan harapannya agar Universitas Teknologi Sumbawa dapat memberikan dukungan kepada umat Hindu dalam meneruskan pendidikan di daerah tersebut.

Ia juga secara tegas mendukung penyelenggaraan kegiatan KMHDI Mengajar di Desa Sabedo, terutama di Banjar Wanagiri dan Banjar Kembang Sari.

Selain itu, beliau turut membuka secara resmi acara KMHDI Mengajar tersebut.

Rangkaian pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Asta Prasetya Brahmacarya, sambutan, doa, penutup, dan foto bersama. Kemudian, dilanjutkan dengan Ruang Dialog Jilid III PD KMHDI NTB. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button