Lombok Utara

Rocky Gerung Ungkap Peristiwa Miris, di Lombok Utara Sejumlah Ibu Hamil Melahirkan di Jalan

Mataram (NTBSatu) – Rocky Gerung hadir menjadi salah satu pemateri dalam diskusi bertemakan ‘Membongkar Masalah Bangsa, Mendesak Perubahan Indonesia’ di Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), Sabtu, 9 Desember 2023.

Dirinya hadir bersama sejumlah tokoh lain, di antaranya, Saut Situmorang, Andi Sinulingga, Refly Harun, Habil Marati, Beni Pramula, dan Geisz Chalifah.

Dalam diskusi itu, Rocky sempat curhat bahwa banyak ibu hamil di daerah Torean, Kabupaten Lombok Utara yang melahirkan saat perjalanan ke rumah sakit.

Cerita itu dirinya dapatkan dari seorang pengemudi bak terbuka (mobil pikap) yang membawanya ke Sembalun, setelah turun mendaki Gunung Rinjani lewat jalur Torean.

“Saya sudah tiga kali naik Gunung Rinjani. Sewaktu-waktu saya naik Gunung Rinjani dan turun di Desa Torean. Saya turun tengah malam, kira-kira jam setengah satu malam dan langsung cari mobil bak terbuka di Desa Torean supaya bisa ke Sembalun,” ujarnya.

Berita Terkini:

Setelah dapat mobil, lanjutnya, ia langsung menaruh barang bawaannya di belakang dan duduk di depan. Tiba-tiba, kata Rocky, sang pengemudi itu mengenal suara saya dan bercerita.

“Dia cerita kalau dalam seminggu itu, dia sudah dua kali membawa ibu hamil dari Torean menuju Kabupaten untuk mencari rumah sakit terdekat. Tetapi belum sampai rumah sakit, keduanya melahirkan di bak terbuka mobilnya,” ungkapnya.

“Bahkan pengemudi itu cerita, bukan mobilnya saja ternyata yang pernah mengalami. Banyak masyarakat lain juga, mobilnya menjadi tempat persalinan ibu hamil,” tambah Rocky.

Ia pun menanyakan penyebab ibu hamil itu bisa melahirkan di mobilnya saat perjalanan ke rumah sakit.

“Saya dikasih tahu kalau ternyata ternyata jalan dari Torean ke rumah sakit terdekat 13 kilometer dan yang diaspal cuman 1,3 kilometer. Jadi ibu hamil itu terguncang-guncang di mobil dan melahirkan di mobil. Padahal kandungan ibu itu, di dalam rahimnya mengandung anak yang merupakan bonus demografi Indonesia,” tegas Rocky.

Rocky pun mengkritik kebanggaan pembangunan infrastruktur, termasuk jalan tol yang selalu dielukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden Jokowi membangun jalan tol tetapi tidak membangun jalan di desa-desa terpencil. Ini disebabkan kurangnya jalan pikiran, sehingga jalan tol yang dibangun tidak berguna bagi si ibu hamil. Itu akibat infrastruktur yang tidak desain dengan akal sehat,” pungkasnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button