Olahraga

Hasil Penjaringan Tunamen Golf, PGI NTB Kantongi 8 Calon Atlet PON

Mataram (NTB Satu) – Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi NTB sukses menyelenggarakan turnamen golf untuk pertama kalinya.

Turnamen yang diselenggarakan tanggal 25 Februari 2023 di Lapangan Golf Sire, Lombok Utara ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain peserta lokal NTB, turnamen ini juga didukung oleh sejumlah pihak, dari perusahaan, swasta, BUMN, hingga instansi vertikal lainnya yang ada di provinsi ini.

Sebanyak 136 pegolf ikut mengambil bagian. Dari luar daerah ikut berpartisipasi 2 pegolf dari Yogyakarta, 14 pegolf dari Bali, 2 pegolf dari Jakarta, 3 pegolf dari Surabaya. Sisanya pegolf dari Lombok dan Sumbawa. Peserta turnamen terdiri lintas generasi.

Pengumuman pemenang turnamen dirangkai dengan kegiatan makan malam bersama seluruh pegolf dan pengurus PGI NTB, dan para stakeholders pendukung.

Ketua PGI Provinsi NTB, H. Haerul Warisin bersama Ketua Pelaksana Turnamen, I Made Agus Ariana, dan Sekretaris Panitia Lalu Anis Mujahid Akbar mengatakan, animo peserta mengikuti turneman ini cukup tinggi. Baik peserta dari dalam daerah maupun luar daerah.

Para pegolf berkompetisi sembari menikmati suasana lapangan golf Sire sambil menikmati suasana pantai Sire. Warisin mengatakan, turnamen ini tidak saja dihadirkan untuk berkompetisi, lebih dari itu, ini sekaligus menjadi wadah untuk bersalturrahim dengan seluruh stakeholders dalam konteks mendukung pembangunan daerah.

Selain itu, hadirnya para pegolf dari luar daerah ini menjadi bagian dari upaya mendatangkan wisatawan berbasis sport tourism.

Sport tourism ini sedang berkembang di NTB, dengan adanya fasilitas olahraga bertarap internasional, misalnya Sirkuit Mandalika. Golf inilah olahraga ikutannya untuk melengkapi magnet sport tourism kita di NTB,” imbuhnya.

Lebih jauh, dampaknya akan mendorong perekonomian di daerah ini. Mantan Wakil Bupati Lombok Timur ini mengemukakan, turnamen ini juga menjadi ajang untuk memasyarakatkan golf khususnya di NTB.

Golf adalah olahraga rekreasi untuk seluruh kalangan dan usia. Karena golf juga dianggap olahraga yang sebetulnya lebih murah, dibandingkan olagraga-olahraga lainnya.

Pencapaian sukses yang tak kalah penting dari turnamen ini adalah, terseleksinya delapan calon atlet PON yang dipersiapkan oleh PGI NTB. Dari delapan pegolf terbaik ini, akan digodok kembali menjadi 4 calon atlet PON NTB.

“Sudah ada delapan terseleksi. Tinggal diseleksi lagi menjadi empat. Kita berharap pada PON 2024, NTB bisa mengirim atlet golf dan meraih medali,” harapnya.

Karena itu, tidak sekali ini saja turnamen golf akan digelar di NTB tahun 2023 ini. Sebab rencananya akan digelar 4 turnamen selama setahun ini. 4 turnamen tersebut dua kali di gelar PGI NTB, 1 kali digelar BUMN, dan 1 kali digelar turnamen Gubernur Cup.

Warisin berkomitmen menghidupkan olahraga ini untuk mendorong sektor pariwisata NTB, ekonomi, serta peningkatan prestasi atlet.(ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button