Kota Mataram

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Kota Mataram

Mataram (NTB Satu) – Hujan Lebat yang disertai kilat atau petir dan angin yang terjadi di Kota Mataram pada Jumat, 3 Juni 2022 sekitar pukul 14.00 Wita menyebabkan satu pohon tumbang yang menutup Jalan Udayana, Kota Mataram.

“Satu pohon berukuran sedang tumbang di Jalan Udayana, persis di depan kantor DPRD Provinsi NTB,” ujar Kepala Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Agus Nugroho, Jumat, 3 Juni 2022.

IKLAN

Akibat pohon tumbang tersebut, akses lalu lintas di Jalan Udayana sempat terganggu hingga pohon tersebut dievakuasi oleh petugas.

Sampai saat ini, ujar Agus, hanya satu pohon yang dilaporkan tumbang, dan tidak ada kerugian lain, seperti kerusakan bangunan ataupun korban jiwa. “Cuma itu (pohon tumbang), kalau kerusakan bangunan tidak ada laporan,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi resiko, ia mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan saat terjadi hujan. Selain itu agar tidak berteduh di bawah pohon saat terjadi hujan, karena rentan pohon tumbang.

“Hujan ini berpotensi petir, maka jangan berteduh di bawah pohon, juga saat memarkir kendaraan supaya jauh dari pohon, karena sewaktu-waktu bisa tumbang dan mengakibatkan kerugian materi,” imbaunya.

IKLAN

Seperti yang diketahui, meski NTB sudah memasuki musim kemarau, namun fenomena hujan lebat seperti ini akan sering terjadi. Hal itu disebabkan oleh terjadinya La Nina dengan kategori moderat (ENSO: -1.22) di Samudera Pasifik bagian tengah, yang mana menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hujan di Indonesia. Menurut Prakirawan Cuaca Staklim Lombok Barat, Afriyas Ulfah, kondisi tersebut akan berlangsung hingga akhir tahun.

“Kondisi ENSO dengan anomali negatif masih bertahan hingga November 2022 (La Nina Lemah) dan berangsur menuju netral pada akhir tahun 2022,” ujar Ulfah pada Selasa, 31 Mei 2022. (RZK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button