Hukrim

5 Maklumat Kapolda NTB, Pengganggu Event MotoGP akan Ditindak

Mataram (NTB Satu) – Polda NTB menerbitkan Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB), Irjen Pol Djoko Poerwanto. Maklumat ini untuk pengamanan MotoGP Mandalika yang akan berlangsung mulai 18 sampai 20 Maret 2022 mendatang.

Ada lima poin yang dituangkan dalam maklumat, diantaranya Mak/1/III/2022 tertanggal 8 Maret 2022 yang ditandatangani Kapolda NTB.

IKLAN

Bunyi Maklumat Kapolda NTB untuk pengamanan MotoGP Mandalika itu antara lain, pada poin pertama disebutkan bahwa Lombok Tengah menjadi kebanggan karena menjadi tuan rumah kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang dilangsungkan di Sirkuit Mandalika.

“Bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan salah satu prasyarat untuk sukses terselenggaranya kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) maupun kegiatan internasional lainnya di wilayah NTB,” demikian bunyi Maklumat poin dua.

Pada poin ketiga, Kapolda berharap seluruh warga NTB khususnya masyarakat Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung terselenggaranya MotoGP dengan manjaga keamanan dan ketertiban bersama.

“Bahwa apabila ada kelompok atau perorangan yang mencoba menganggu kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia maupun kegiatan internasional lainnya, maka Polda NTB dan Polres jajaran akan melakukan tindakan tegas dan terukur dalam penegakan hukum yang sesuai dengan peraturan perundangan,” isi poin keempat maklumat.

Poin kelima, Kepolisian meminta setiap masyarakat melapor kepada kepolisian bila mengetahui atau melihat potensi yang dapat menganggu penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika.

Sebanyak 3.427 personel gabungan TNI-Polri akan dikerahkan guna menjaga keamanan selama jalannya event MotoGP Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022.

“3.472 personel tersebut akan diambil dari dalam daerah maupun BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Mabes Polri,” kata Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto dalam Final Check Meeting MotoGP Mandalika di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB, Selasa 8 Mei 2022.

Jenderal bintang dua ini berharap semua pihak melibatkan diri menjaga gelaran MotoGP Mandalika.

“Selaku tuan rumah gelaran MotoGP Mandalika, NTB harus bangga, karena tidak semua Provinsi ada Event sebesar MotoGP,” ujarnya.

Bagi Djoko, dalam event internasional ini tugas pengamanan tidak serta merta berpangku tangan pada TNI-Polri, namun menjadi tugas semua pihak termasuk masyarakat dalam menjaga keamanan demi kesuksesan acara.

“Mari kita bekerjasama dengan baik untuk menciptakan Kamtibmas aman dan tentram saat event MotoGP di Mandalika,” pungkas Djoko. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button