NTB

Peringatan HPN, Gubernur NTB Harapkan Pers Jadi Pilar Demokrasi yang Sehat

Mataram (NTB Satu) – Dalam rangka peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah berharap kehadiran pers bisa menjadi pilar demokrasi yang kokoh dan sehat guna meningkatkan kecerdasan bangsa.

Di halaman Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominfotik) NTB, Minggu, 6 Februari 2022, Gubernur NTB bersama Kepala Diskominfotik, Najamuddin Amy, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB, Nasrudin Zein, memperingati HPN dengan rangkaian Car Free Day Bincang Gemilang.

IKLAN

Menurut Bang Zul, sapaan akrab Gubernur, dengan dunia yang semakin berkembang pesat saat ini merupakan tantangan bagi para wartawan atau jurnalis dalam memberitakan peristiwa.

“Tantangan dunia media ke depan gak sederhana. Masyarakat yang terlibat dalam sosial media ada plus minusnya. Apalagi masyarakat dengan sosmednya ingin direspon cepat,” ucap Bang Zul.

Zulkieflimansyah juga menegaskan bahwa di tengah Provinsi NTB yang sedang dibanjiri event internatinoal maupun nasional, tentunya membutuhkan peran pers untuk mempublikasi hal-hal positif.

“Hampir setiap bulan kita ada event international. Jadi, kita butuh wartawan-wartawan hebat untuk mengekspose NTB di mata dunia,” harapnya.

Sementara, Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein, mengungkapkan tantangan pers saat ini adalah membangun kapasitas dan kompetensi wartawan.

“Di era disruption ini, wartawan mestinya gak hanya tulis peristiwa, tetapi juga menganalisisnya,” kata Nasrudin.

Selanjutnya ia mengajak kepada seluruh wartawan di NTB agar lebih mengasah sensitifitasnya terhadap keinginan dan aspirasi publik.

“Yang utama dari wartawan adalah mampu memberikan informasi yang edukatif, persuasif, dan pemberdayaan,” imbuh Ketua PWI NTB. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button