Kota Mataram

Mataram Masuk 8 Besar Kota dengan Indeks Keyakinan Konsumen Tertinggi

Mataram (NTBSatu) – Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk 8 besar kota dengan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tertinggi di Indonesia pada September 2023 – September 2024.

Survei Bank Indonesia mencatat, IKK di Mataram menempati posisi ketujuh, yakni sebesar 133,1 poin atau meningkat 12,2 persen secara tahunan (YoY).

Pengkuran IKK mengacu pada penghitungan IKK dilakukan dengan merata-ratakan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

IKLAN

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Mataram, Tri Budiprayitno mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong geliat perekonomian masyarakat dan menekan inflasi. Caranya dengan menggalakkan berbagai inisiatif strategis. Seperti Pasar Rakyat, Gerakan Pangan Murah.

Kemudian, Pasar Tani, dan pembentukan Warung Pantau Tanggap Inflasi Menuju Target Aman (Pantasi Mentaram). Hal itu menjadi bagian dari upaya nyata untuk menjaga stabilitas harga di tengah dinamika ekonomi.

“Ada juga program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari, Gerakan Tanam Cabai, perbaikan irigasi, dan distribusi beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) oleh Bulog yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan lokal,” ujar Yiyit, sapaan Pjs. Wali Kota Mataram, Rabu, 9 Oktober 2024.

Dengan penurunan IKK ini, ia berharap masyarakat tetap waspada dan mengelola pengeluaran dengan bijak. Sembari berharap adanya perbaikan ekonomi dalam waktu dekat.

Secara umum, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menurun pada September 2024. Ini tecermin dari IKK yang sebesar 123,5 poin pada bulan lalu.

Nilai tersebut lebih rendah 0,72 persen daripada bulan sebelumnya (month to month/MtM) yang sebesar 124,4 poin. Namun, jika melihat secara tahunan (year on year/YoY), IKK pada September 2024 meningkat sebesar 1,48 persen dari 121,7 poin.

Samarinda IKK Tertinggi

Selain Mataram, Samarinda memiliki IKK tertinggi pada September 2024, yakni mencapai 150,3 poin. Angka ini meningkat 3,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (YoY) yang sebesar 144,7 poin.

Posisi kedua ada Denpasar dengan IKK sebesar 145,7 poin pada bulan lalu alias naik 5,4 persen secara tahunan (YoY). Kemudian, IKK di DKI Jakarta sebesar 138,5 poin atau menurun 3,3 persen secara tahunan (YoY).

IKK di Manado sebesar 137,7 poin pada September 2024 atau turun 1,5 persen secara tahunan (YoY). Semarang memiliki IKK sebesar 134,9 poin pada bulan lalu atau menurun 2 persen dari September 2023.

Ada pula Surabaya dengan IKK sebesar 134,3 poin atau lebih tinggi 8,2 persen secara tahunan (YoY). Terakhir, Makassar mencatatkan IKK sebesar 126,6 poin pada September 2024 atau turun 5,5 persen secara tahunan (YoY). (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button