ADVERTORIALKota Mataram

Pelajar SMAN 1 Mataram Raih Mahkota Grand Winner Miss Teen Millenial Mannequin Internasional 2024

Mataram (NTBSatu) – Pelajar SMAN 1 Mataram berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Kali ini diraih Zia Fadliani Ahla, berhasil membawa pulang Mahkota Grand Winner Miss Teen Millenial Mannequin Internasional 2024 yang berlangsung di Manila, Filipina, 25 Agustus 2024.

Ia mewakili Indonesia untuk kategori usia 14-17 tahun pada kontes modelling dan berhasil mengalahkan 50 peserta lainnya dari berbagai negara. Di antaranya, Malaysia, Filipina, Korea, Indonesia, Thailand, Philipina, India, dan Botswana.

Keikutsertaannya pada ajang modelling internasional bermula saat dirinya mendapat mandat langsung dari pihak Duta Remaja Pariwisata Indonesia untuk mewakili Indonesia di ajang tersebut.

Alhamdulillah, bisa mendapatkan juara pertama di kontes ini,” ucap gadis usia 16 tahun itu.

Selama masa karantina yang berlangsung tiga hari, Zia, begitu sapaan akrabnya, menceritakan banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang tak terlupakan.

Mulai dari teman baru, bertemu dengan pejabat Kedutaan, hingga mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Filipina.

Pada sesi penjurian, Gadis kelahiran Mataram ini menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan performing arts yang mengandung unsur kebudayaan yang ada di Bumi Gora.

“Saat talent show atau pertunjukan bakat, saya mempersembahkan lagu daerah Lombok, Kembang Mawar dan tarian Berugak Elen,” ceritanya.

Ia juga membawakan pidato dalam bahasa inggris, bertemakan pariwisata dan kekayaan budaya yang ada di daerah NTB.

“Untuk speech, Saya tonjolkan tourism yang ada di Lombok Tengah, seperti Desa Sade, Sirkuit Mandalika dan Pantai-pantai nya. Kemudian, diperkuat dengan narasi tentang Lombok Pulau Seribu Masjid dan Halal Tourism yang menjadi keistimewaan NTB,” jelas Zia.

Di puncak acara atau babak grandfinal, ia bersyukur nama Indonesia bisa dipanggil sebagai pemenang, mengalahkan banyak kontestan lainnya. Sementara untuk Runner-up I adalah Filipina dan Runner-up II dari Malaysia.

“Saya sangat senang bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia dan Provinsi NTB,” tukasnya.

Tips dan Trik Ikut Ajang Millenial Mannequin Internasional 2024

Kolase Zia Fadliani Ahla bersama dengan perwakilan Indonesia di Ajang Millenial Mannequin Internasional 2024 berfoto bersama Dubes RI untuk Filipina, Agus Widjojo. Foto: Istimewa.

Sejak awal, siswa SMAN 1 Mataram itu memiliki ketertarikan yang besar pada dunia modelling dan pageant. Sebelumnya, ia mendapatkan juara pada beberapa kontes kecantikan daerah, yakni Miss Young Intelligence NTB 2023 dan Runner-up II Puteri Remaja NTB 2024.

Berkat pengalaman tersebut, ia memberanikan diri mengikuti kompetisi dengan skala yang lebih besar lagi.

“Tips untuk yang ingin mengikuti ajang serupa, adalah mempersiapkan diri dengan baik. Latihan public speaking, catwalk, manner. Semuanya harus dilakukan secara disiplin. Menurut Saya, lebih baik ikut sanggar. Saya selama dua bulan sebelum berangkat itu persiapan dengan Sanggar Mahardika,” ungkapnya.

Selain mempersiapkan penampilannya dengan matang, dukungan pihak luar juga merupakan faktor sangat penting dalam membantunya tetap semangat dan percaya diri selama menjalani kompetisi.

“Terima kasih untuk semua dukungan dari keluarga, teman-teman, Pemerintah Kota Mataram, Dinas Pariwisata NTB, Duta Remaja Pariwisata Indonesia, dan Millenial Mannequin Internasional,” tutupnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button