Daerah NTBLombok Tengah

Polda NTB Kerahkan 3.000 Personel Amankan MotoGP Mandalika

Mataram (NTBSatu) – Polda NTB kerahkan ribuan personel untuk mengamankan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 27-29 September 2024 mendatang.

“3.000 personel akan kami kerahkan untuk mengamankan gelaran event internasional tersebut,” kata Kapolda NTB, Irjen Pol Umar Faroq, usai rapat koordinasi penyelenggaraan MotoGP di Hotel Lombok Raya, Kamis, 5 September 2024.

Berbagai strategi pengamanan akan disiapkan untuk gelaran event tahunan ini. Polda NTB akan melakukan pengamanan di setiap pintu masuk pulau Lombok.

“Termasuk di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid atau Bizam, serta pelabuhan Lembar dan Kayangan,” ungkap Faroq.

Berdasarkan hasil rapat, akan banyak pengunjung yang datang ke Sirkuit Mandalika. Sehingga, perlu melakukan pengamanan ketat di tiap-tiap pintu masuk Pulau Lombok.

Selain memastikan keamanan terhadap penyelenggaraan event, pihaknya juga menyiapkan pengamanan khusus untuk tamu-tamu dari luar negara.

“Pengamanan sejak dari bandara hingga lokasi balap untuk tamu-tamu istimewa,” ujarnya.

Selain itu, Polda NTB juga akan melakukan pengamanan pada rangkaian kegiatan sebelum penyelenggaraan event. Misal, saat parade pembalap.

Di momentum ini, ujarnya, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berinteraksi langsung dengan pembalap. Parade pembalap akan berlangsung pada 25 September 2024, dari Taman Sangkareang menuju Teras Udayana, Kota Mataram.

“Silakan datang bagi masyarakat yang berkeinginan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, ucap Faroq.

Faroq menyebutkan, seluruh infrastruktur pengamanan di Sirkuit Mandalika telah berstandar internasional. Sebab, Sirkuit Mandalika sudah beberapa kali menjadi tuan rumah gelaran balap internasional.

Polda NTB akan efektif melakukan pengamanan sejak lima hari sebelum acara. Tepatnya pada 22 September 2024. Pasalnya, para pembalap akan datang lebih awal guna melangsungkan parade.

“Pengamanan InsyaAllah aman,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button