BERITA LOKALPendidikan

Pendaftaran PPDB Online SMK di NTB Dibuka Besok

Mataram (NTBSatu) – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Kejuruan (PPDB SMK) di NTB dibuka mulai besok, Senin, 10 Juni 2024. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman resmi PPDB Dinas Dikbud NTB, ppdb.dikbud.ntbprov.go.id.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan kepada NTBSatu mengatakan, pendaftaran PPDB jenjang SMK dibuka hanya satu jalur sampai tanggal 6 Juli 2024.

“Calon siswa yang sudah membuat akun dan mengikuti tes fisik dalam seminggu kemarin, bisa mendaftarkan diri mulai besok melalui laman resmi PPDB dengan memasukkan data-data yang menjadi persyaratan. Lalu, memilih satu kompetensi keahlian pada jenis atau kelompok yang sama secara beruntun pada satu sekolah,” jelasnya, Minggu, 9 Juni 2024.

Setelah mendaftar, calon siswa diingatkan untuk mencetak bukti pendaftaran online yang telah dilakukan.

“Bukti itu nanti diserahkan kepada sekolah tempatnya mendaftar, beserta berkas persyaratan yang telah diunggah melalui sistem. Pihak sekolah akan langsung melakukan verifikasi atas pendaftaran calon siswa di sistem dengan berkas yang diserahkan,” ujar Aidy.

Berkas yang akan diverifikasi oleh panitia PPDB di sekolah adalah berkas persyaratan asli berupa dokumen ijazah atau surat keterangan lulus, dokumen rapor, dan surat pernyataan bebas narkoba.

“Jika calon siswa memasukkan data yang tidak sesuai dengan berkas yang diserahkan ketika verifikasi, maka akan dinyatakan gugur secara langsung. Sehingga, harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan,” imbau Aidy.

Pihaknya juga membuka kesempatan bagi calon siswa, apabila berubah pikiran saat mendaftar dan ingin berpindah sekolah tujuan.

“Calon siswa bisa membatalkan verifikasi pendaftarannya untuk itu. Tetapi, pembatalan hanya dapat dilakukan maksimal 2 kali untuk setiap akun selama masa pendaftaran masih dibuka,” tambah Aidy.

Adapun tahapan selanjutnya, akan dilakukan seleksi berdasarkan sistem. Seleksi dilaksanakan begitu pendaftaran ditutup, pada tanggal 7 sampai 8 Juli 2024.

Kemudian, pengumuman akan disampaikan tanggal 9 Juli melalui akun PPDB. Bagi siswa yang lulus, diharapkan melakukan pendaftaran ulang dari tanggal 10 sampai 12 Juli 2024.

“Sekolah yang belum terpenuhi kuota peserta didik baru dan calon peserta didik yang belum dapat ditampung di sekolah tempatnya mendaftar pada akhir masa pendaftaran, akan dilakukan pengaturan lebih lanjut oleh Dinas Dikbud NTB,” pungkas Aidy. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button