Politik

Pengamat Politik Sebut Duet Zul-Suhaili Punya Kans Besar Menang Pilkada NTB 2024

Mataram (NTBSatu) – Duet Gubernur NTB 2018-2023, Dr. Zulkieflimansyah dengan Mantan Bupati Lombok Tengah dua periode, H. Suhaili FT, mulai banyak dibicarakan publik untuk maju sebagai pasangan di Pilkada November mendatang.

Foto keduanya berpasangan pun telah banyak beredar di lini masa media sosial, dengan tajuk ‘Lanjutkan NTB Gemilang’. Keduanya juga mendapat tagline sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Pengamat Politik Universitas Mataram (Unram), Dr. Saipul Hamdi menyebut duet figur Bang Zul dengan Abah Uhel -sapaan akrab Suhaili- memiliki kans yang besar untuk menang Pilkada NTB 2024.

Ia melihat kedua pasangan ini sudah cukup representatif mewakili dua demografi politik di NTB, yakni Sumbawa dan Lombok. Ditambah, Suhaili memiliki basis massa yang cukup kuat secara kedaerahan.

“Dari mana pun itu, saya kira kalau pasangan Sumbawa-Lombok sudah cukup representatif menjadi perwakilan dua demografi politik di NTB. Sehingga Bang Zul dengan Abah Uhel ini memiliki kans yang kuat,” ungkapnya kepada NTBSatu, Senin, 27 Mei 2024.

Apalagi jika Golkar benar-benar mendukung Suhaili untuk maju dalam Pilkada. Sebab, dengan perolehan suara Golkar sebagai pemenangan Pemilu 2024 di NTB dan PKS urutan ketiga, akan memberikan kekuatan lebih untuk bertarung.

Berita Terkini:

“Tinggal yang menjadi tantangannya adalah meredam isu-isu kedaerahan yang muncul dari kelompok-kelompok adat di Lombok. Saya dengar-dengar banyak yang resisten dengan Bang Zul dan itu perlu diredam,” jelasnya.

Duet ini juga, kata Saipul Hamdi, dipastikan memiliki chemistry yang kuat. Meskipun, keduanya pernah bertarung pada Pilkada NTB 2018 dan dimenangkan oleh Bang Zul.

“Chemistry ada, pasangan ini bisa berjalan ke depan bersama. Bang Zul telah terpilih sebelumnya dan memiliki track record memimpin selama satu periode. Sementara Suhaili, memiliki pengamalan memimpin Lombok Tengah dua periode dan masih punya nama besar sampai saat ini,” tambahnya.

Dengan adanya paket Zul-Suhaili ini pun, maka duet Suhaili-Asrul yang sempat beredar sebelumnya untuk menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024 berpotensi bubar.

“Kalau memang sudah ada rencana deklarasi, sudah pasti bubar. Karena pasangan Suhaili-Asrul juga baru mendaftar ke parpol saja dan belum ada satupun partai yang benar-benar mengusung,” tandasnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button