Ekonomi Bisnis

Simak, Bisnis Tanpa Modal Besar Ini Bisa Jadi Pilihan saat Momen Lebaran Topat

Mataram (NTBSatu) – Lebaran topat biasanya dirayakan oleh masyarakat Lombok yang didahului dengan roah atau berdoa di masjid. Kemudian, melakukan ziarah ke makam penyebar agama islam di pulau Lombok dan dilanjutkan dengan menyantap topat di pinggir pantai sembari rekreasi.

Momen tersebut juga sering dijadikan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan membuka usaha. Hak tersebut karena beberapa masyarakat lebih fokus terhadap rekreasi saja.

Akan tetapi, beberapa orang berpikir bahwa untuk membuka usaha dibutuhkan modal yang besar, padahal masih ada beberapa bisnis menjelang lebaran yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Bahkan, beberapa bisa dijalankan tanpa modal sepeserpun, hanya mengandalkan keahlian dan kreativitas saja.

Berikut lima ulasan ide bisnis lebaran topat tanpa modal besar, versi NTBSatu:

  1. Jasa Pembuatan Ketupat
    Bisnis lebaran tanpa modal satu ini juga dapat dicoba, topat merupakan menu wajib saat hari raya, seminggu setelah lebaran, masyarakat berbondong-bondong berjualan topat.

Pastinya bisnis ini akan mendatangkan omzet yang menjanjikan. Kalian bisa menjual ketupat yang sudah lengkap dengan lauk pauk atau menjual janur kuningnya saja.

Berita Terkini:

  1. Sewa Mobil
    Membuka jasa sewa mobil juga bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan. Biasanya ketika lebaran, banyak orang yang ingin bepergian tetapi terkendala oleh kendaraan yang memiliki kapasitas lebih.

Jika kalian memiliki kendaraan dan tidak digunakan bisnis ini bisa menjadi peluang cuan untuk kalian.

  1. Cuci Kendaraan
    Ide bisnis lebaran tanpa modal besar berikutnya adalah jasa cuci kendaraan. Jasa ini akan banyak dicari orang karena mereka ingin memastikan kendaraannya bersih sebelum dipakai mudik atau saat ingin meninggalkannya di rumah.

Pemilik kendaraan, memastikan kendaraan bersih bukan hanya mempercantik penampilan tapi juga menjaga agar mesin-mesin tidak cepat rusak.

  1. Usaha Minuman dan Makanan Ringan
    Bisnis minuman dan makanan ringan selalu memiliki mangsa pasar yang besar saat lebaran topat. Kalian bisa memanfaatkan peluang usaha di desa ini, dengan menjual minuman, seperti es kelapa, jus buah segar, atau wedang jahe.

Sementara itu, untuk makanan, kalian dapat menjual jajanan ringan, seperti cilok, bakso bakar, atau makanan lainnya.

  1. Counter pulsa dan token listrik
    Semua orang akan butuh handphone dengan pulsa yang mencukupi untuk mengontak anggota keluarga di wilayah lain. Begitu juga dengan listrik yang sangat diperlukan untuk mengisi baterai handphone sekaligus mengoperasikan peralatan elektronik rumah tangga.

Jadi, ide bisnis terakhir yang bisa menghasilkan cuan selama lebaran yakni agen isi ulang pulsa dan token listrik prabayar sangat menguntungkan lantaran banyak dicari. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button