Lombok Barat

Alat Aspal Ulang Sirkuit Mandalika Tiba di Lombok

Mataram (NTB Satu) – Sejumlah alat berat dan perangkat untuk pengaspalan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika sudah tiba di Lombok, Sabtu 19 Februari 2022. Alat berat berjumlah 11 unit dan perlengkapan lainnya yang diangkut kapal barang itu tiba dinihari tadi.

Ini artinya, rencana pengaspalan ulang permukaan beberapa bagian sirkuit Mandalika sesuai rencana, sejak diputuskan Rabu 16 Februari 2022 lalu setelah mendengar saran Dorna Sport, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan para rider MotoGP.

Kedatangan alat berat itu dibenarkan Kapolsek KP3 Lembar, Iptu Irvan Ronald membenarkan. Berdasarkan pantauannya, alat berat itu dimuat Kapal Mutiara Sentosa dan bongkar di Pelabuhan Gilimas, Lembar.

“Kapal tiba Pukul 00.30 Wita, sandar di Pelabuhan Gilimas,” kata Ivan Sabtu 19 Februari 2022 pagi.

Masih dari pantauan lapangan bersama timnya, 11 unit alat untuk pengaspalan itu dimuat tiga unit truk ukuran sedang. Dalam gambar, nampak alat itu salah satunya tandem roller dan mobil tangki air. Namun ia tak memastikan penggunaan aspal di dalam sirkuit atau di luar sirkuit. Karena tugasnya hanya sebatas melakukan pengamanan.

“Tapi belum tahu apakah untuk pengaspalan di dalam sikuit atau di luar sirkuit. Yang jelas, ini alat berat untuk pengaspalan,” tambahnya.

Setelah tiba di Gilimas Lembar, malam itu juga timnya dikerahkan untuk melakukan pengawalan sampai ke tujuan. “Kegiatan pengawalan sampai ke lokasi (Sirkuit, red),” pungkasnya.

Alat pengaspalan dan mobil tangki yang tiba di Lembar. Foto : Polsek KP3 Lembar

Sebelumnya, Direktur PT. Pembangunan Perumahan (Persero), Novel Arsyad selaku  kontraktor aspal Sirkuit Mandalika memastikan akan mendatangkan alat untuk perbaikan permukaan track yang dikeluhkan para rider.

Novel mengungkapkan tahapan awal dengan mengupas  aspal setebal  4 cm, kemudian dilanjutkan dengan  tahapan pengaspalan ulang hingga pembersihan. Namun pengelupasan dan pengaspalan itu hanya di areal tertentu. 

Melalui perhitungan detial perusahaannya, Novel menyebutkan bakal mengaspal ulang 17,5 persen dari keseluruhan luas Sirkuit Mandalika. 

Jalur yang akan diaspal ulang mulai dari tikungan 16,5 sampai dengan tikungan 5,5. “Totalnya, sekitar 17,5 persen,” sebut Novel saat memberi keterangan pers secara virtual, Rabu 16 Februari 2022. (HAK)  

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button