Politik

6 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Pilpres 2024 Sebelum Debat Malam Ini

Mataram (NTBSatu) – Berbagai lembaga survei telah merilis hasil terkini terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mempertahankan keunggulan di sebagian besar survei.

Meskipun dalam survei asal amerika Roy Morgan Poll menunjukkan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memimpin dengan elektabilitas mencapai 38 persen.

Meski Prabowo-Gibran masih unggul secara umum, namun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mulai menunjukkan kebangkitan dengan melampaui Ganjar-Mahfud dalam survei Litbang Kompas.

Perkembangan ini dapat menambah keseruan debat kandidat Cawapres nanti malam. Bagaimana pun hasil debat kandidat Capres dan Cawapres yang sudah terselenggara nantinya akan menentukan persepsi pemilih, dengan kata lain akan berpengaruh terhadap survei bilamana akan dilakukan kembali setelah debat capres-cawapres dilakukan.

Baca Juga : Begini Cara Cek Hasil Seleksi PPPK Guru 2023 yang Diumumkan Hari Ini

Melansir dari cnbcindonesia.com pada Jumat, 22 Desember 2023, berikut hasil survei yang dirilis sebelum debat capres-cawapres.

Roy Morgan Poll

Survei Roy Morgan Poll menyebut Ganjar-Mahfud punya elektabilitas 38 persen. Prabowo-Gibran tercatat punya elektabilitas 30 persen dan Anies-Cak Imin 25 persen.

Roy Morgan Poll menyebut elektabilitas Ganjar-Mahfud naik 10 persen dari Maret 2023. Sementara itu, Prabowo-Gibran disebut mengalami peningkatan elektabilitas 13 persen sejak Maret 2023.

Survei itu dilakukan dalam rentang waktu Juli-September 2023. Survei ini melibatkan 2.630 orang responden yang terdata sebagai pemilih berumur 17 tahun ke atas.

Poltracking Indonesia

Berbeda dari survei Roy Morgan Poll, Poltracking mencatat keunggulan Prabowo-Gibran. Elektabilitas pasangan ini mencapai 45,2 persen.

Baca Juga : BKN Pastikan Hasil Seleksi PPPK Guru 2023 Diumumkan Hari Ini

1 2 3 4Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button