HEADLINE NEWSPariwisata

Provinsi NTB Sumbang Pergerakan Wisatawan Nusantara Tertinggi di Indonesia Selama Oktober 2023

Mataram (NTB Satu) – Provinsi NTB menyumbang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tertinggi di Indonesia selama Oktober 2023. Hal ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Data itu menunjukkan, Provinsi NTB menjadi posisi pertama dari provinsi lain dengan pergerakan wisnus tertinggi secara asal maupun tujuan. Dengan capaian sebesar 301,64 persen untuk asal dan 379,34 persen untuk tujuan dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (YoY).

Sandiaga mengungkapkan, data ini sangat menarik, karena pergerakan wisnus selama periode Januari hingga Oktober 2023 yang mendominasi adalah perjalanan wisnus di Pulau Jawa, sebesar 75,57 persen.

“Tetapi khusus bulan Oktober 2023, NTB menjadi provinsi penyumbang pergerakan wisnus tertinggi,” ungkapnya, dikutip dalam siaran pers Kemenparekraf, Minggu, 10 Desember 2023.

“Hal ini karena ada kegiatan MotoGP sebagai event berkualitas yang terbukti bisa meningkatkan pergerakan wisatawan,” tambahnya.

Berita Terkini:

Pihaknya pun mengapresiasi kegiatan MotoGP yang mampu meningkatkan pergerakan wisnus ini. Sehingga pada periode Januari hingga Oktober 2023, pergerakannya telah mencapai 688,78 juta atau meningkat 11,99 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. 

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button