Daerah NTB

355 Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Komunitas Lombok Heritage: Sebelumnya dikembalikan 235 harta karun

Mataram (NTB Satu) – 355 harta karun Lombok akan dikembalikan Belanda ke Indonesia, Selasa, 10 Juli 2023 mendatang. Harta karun tersebut merupakan hasil rampasan Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL), saat melawan Kerajaan Mataram-Cakranegara, dalam Perang Lombok tahun 1894.

Berdasarkan dokumen ‘Saran dari Komite Koleksi Kolonial’ yang diakses melalui laman resmi Pemerintah Pusat Belanda (Rijksoverheid), terdapat beberapa jenis benda-benda dari harta karun Lombok yang akan dikembalikan.

Mulai dari kotak tembakau berbahan emas, perak, atau bertatahkan batu mulia, perhiasan, gagang keris. Koleksi mangkuk berbahan perak yang ditempa. Gelas-gelas perak, sendok, serta perlengkapan menyirih yang juga berbahan perak. Serta, cincin indah berbahan emas dan bermata batu rubi oval, berwarna merah keunguan.

Benda-benda tersebut didapat, saat KNIL berhasil menaklukkan Istana Raja Cakranegara pada Perang Lombok tahun 1894. Kemudian, KNIL mengambil semua perbendaharaan Istana, yang terdiri dari 230 kilogram emas, 7.000 kilogram perak, dan tiga peti berisi batu, perhiasan, dan benda berharga. Lalu, dimasukkan sebagai Koleksi Museum Nasional dan Museum Rotterdam di Belanda.

Baca Juga :

1 2 3Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button