ADVERTORIAL

Mahasiswa Politeknik Negeri Bali Kembangkan SDM dan Penataan Wisata Cycling Desa Wisata Sesaot

Mataram (NTBSatu) – Politeknik Negeri Bali bersama Mahasiswa mahasiswi Program RPL Manajemen Bisnis Pariwisata menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lombok.

Rangkaian kegiatan KKN diisi dengan seminar bertema “Pengembangan SDM dan Penataan Wisata Cycling Desa Wisata Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat,” Selasa, 16 Mei 2023.

IKLAN

“Sebelum melakukan seminar ini, para mahasiswa telah melakukan beberapa observasi secara intensif dan wawancara akan kendala yang di alami oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada di Desa Wisata Sesaot,”ujar Nirwana, Pimpinan Kegiatan KKN pada Jumat, 19 Mei 2023.

Dalam seminar ini, 11 Mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh I Ketut Suarta selaku Dosen Pembimbing Lapangan dalam kegiatan dan beberapa Dosen Politeknik Negeri Bali.

Selain itu Kepala Desa Sesaot, Tokoh Masyarakat, dan anggota Pokdarwis Sesaot datang untuk mengikuti kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kunjungan serta silaturrahmi dan kerja bakti di area workshop kegiatan. Peserta sangat antusias dalam bertanya terkait pemaparan materi dari Bahrudin tentang Pengembangan SDM Desa Wisata.

IKLAN

Kegiatan pengabdian masyarakat juga mendapatkan dukungan dari beberapa industri pariwisata seperti hotel dan vendor.

Antara lain Kantor Desa Wisata Sesaot, Bumdes Desa Wisata Sesaot, Kampus PSDKU Lombok Barat, Holiday Resort Senggigi, Favehotel Langko Mataram, Poltekpar Lombok, Royal Avilla Senggigi, Lombok Khophilau villa, Lombok Garden, IHGMA, IFBECK, HFLA, Swiss Bell Manyar Surabaya.

Harapannya, melalui kegiatan ini kapasitas SDM Pokdarwis dalam bidang hospitality menjadi lebih baik lagi.

Pengelolaan Desa Wisata dan Strategi pengembangan produk UMKM diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Desa Wisata Sesaot serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. (STA*)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button