Pendidikan

Usai KKN, LPPM Unram Gelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat

Mataram (NTB Satu) – Usai pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) periode Desember 2022 – Februari 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unram mengadakan Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Seminar tersebut diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube di akun LPPM Unram Official pada Kamis, 23 Februari 2023. Seminar Nasional kali ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa Secara Berkelanjutan Berbasis Potensi dan Permasalahan”.

IKLAN

Terdapat 3 narasumber yang dihadirkan dalam Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ke-5 ini, yaitu Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada, Dr. dr. Rustamaji, M.Kes., Ketua LPPM Universitas Brawijaya, Prof. Luchman Hakim, dan Dekan Fakultas Peternakan Unram Prof. Muhammad Ali, Ph.D.

“Kegiatan Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ini sudah berlangsung sejak 2020 dan menjadi kegiatan rutin LPPM Unram yang dilaksanakan dua kali dalam setahun pada masing-masing periode KKN,” ungkap Ketua Panitia, Andre Rachmat Scabram S.Pi., M.Si., dalam laporannya.

Ketua LPPM Unram, Dr. Ir. Sukartono, M.Agr., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini dalam rangka untuk membagi informasi dan pengalaman dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Momen seminar nasional ini meskipun dilakukan setiap tahun, juga untuk memotret perkembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya kegiatan pelaksanaan KKN, dan berbagi pengalaman kegiatan mengelola KKN serta menjalankan pemberdayaan masyarakat serta kegiatan bina desa,” ungkap Sukartono.

IKLAN

Sukartono berharap, LPPM Unram dapat meningkatkan sinergi untuk bekerjasama dengan banyak pihak dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat.

“Kita tidak mungkin bisa menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan sendiri, sehingga harus bersinergi dengan multipihak untuk menyelesaikannya,” tambah Sukartono.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi, yakni sesi pleno dan sesi kelas pemakalah. Dalam sesi pleno terdapat 3 narasumber yang memberikan materi dan dalam sesi kelas pemakalah diikuti 261 pemakalah yang merupakan bagian dari kegiatan KKN Unram dengan mempresentasikan artikel ilmiahnya secara paralel. (JEF)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button