Pariwisata

Bingung Mengisi Libur Lebaran?, ini Destinasi Wisata di Lombok yang Direkomendasikan

Mataram (NTB Satu) – Setelah melawati waktu-waktu sulit akibat Pandemi Covid-19, akhirnya Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 dapat terlaksana tanpa pembatasan.

Selain berziarah ke sanak keluarga, rasanya tidak lengkap jika Lebaran tidak dirayakan dengan liburan ke tempat-tempat unik dan favorit.

Salah satu daerah wisata di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi saat Lebaran adalah Pulau Lombok.

Lombok terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai yang eksotis, gunung yang menakjubkan, hingga air terjun yang indah.

Selain itu, di Lombok juga terdapat banyak situs wisata budaya dan sejarah yang menarik, seperti tradisi upacara adat dan upacara ibadah.

1. Gunung Rinjani

Lebaran tahun ini menjadi momen yang tepat untuk berwisata di Gunung Rinjani.

Pendakian gunung terindah di Indonesia versi akademisi Rocky Gerung itu sudah mulai dibuka pada 1 April 2023.

Gunung Rinjani memiliki keindahan alam yang mempesona dengan panorama pegunungan yang hijau, dan juga pemandangan danau segara anak yang terkenal indah.

Menikmati keindahan Gunung Rinjani selama Lebaran, pengunjung dapat memilih beberapa jalur pendakian yang tersedia, seperti jalur Senaru, jalur Sembalun, jalur Timbanuh, jalur Torean maupun jalur Aik Berik.

Selain itu, tersedia pilihan paket wisata yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu liburan Anda.

Namun, saat memutuskan untuk berwisata ke Gunung Rinjani, perlu diingat bahwa perjalanan ini membutuhkan persiapan yang matang dan keselamatan adalah yang paling penting.

Disarankan untuk memesan tiket pendakian lebih awal, mengingat padatnya jumlah pendaki ke Gunung Rinjani saat tiba libur panjang.

2. Wisata Pantai Eksotis

Untuk yang berencana menghabiskan waktu libur lebaran dengan menikmati suasana pantai, terdapat banyak sekali pilihan di Pulau Lombok.

Mulai dari Pantai Senggigi, Gili Trawangan, maupun Mandalika yang kini sudah dilengkapi fasilitas hiburan yang menarik.

Selain itu, ada Pantai Pink yang menjadi salah satu pantai paling unik di Indonesia. Sesuai namanya, pantai itu memiliki warna pasir yang sangat beda dengan pantai lainnya.

3. Wisata Budaya

Bagi yang ingin merasakan suasana budaya NTB, wisatawan dapat mengunjungi Desa Sade di Lombok Tengah dan Desa Bayan di Lombok Utara.

Dua desa ini merupakan desa adat yang masih mempertahankan kebudayaan Sasak, salah satu suku asli di NTB.

Di sini, wisatawan dapat melihat rumah tradisional Sasak yang masih terjaga dengan baik, serta mempelajari berbagai kegiatan dan adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Seperti maulid adat, lebaran adat, ngaji makam, dan lain-lain.

Selain kegiatan adat, Desa Bayan satu-satunya desa yang memiliki hutan adat yang masih sangat terjaga sampai saat ini, dan hutan adat ini merupakan sumber mata air yang ada di Kecamatan Bayan.

Selain itu, untuk wisata sejarah, Anda dapat mengunjungi Kota Tua Ampenan di Kota Mataram. Di sini, terdapat berbagai bangunan peninggalan Belanda yang masih terjaga dengan baik. Kemudian, bisa juga mengunjungi Museum Negeri NTB.

4. Wisata Sejarah

Kemudian untuk wisata religius, situs yang paling populer di Lombok adalah Masjid Bayan Beleq. Masjid ini merupakan masjid tertua di Lombok yang dibangun pada abad ke-16 oleh Sunan Giri.

Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan atap berbentuk limas dan dinding yang terbuat dari kayu. Selain itu, di dalam masjid terdapat benda-benda sejarah dan peninggalan Sunan Giri yang dipajang untuk dikunjungi.

5. Wisata Religius  

Selain itu, Masjid Islamic Center NTB juga merupakan lokasi wisata religius yang sangat menarik untuk dikunjungi. Masjid ini merupakan masjid terbesar di NTB yang memiliki desain modern dengan atap yang berbentuk kubah besar.

Masjid ini terletak di jalan Udayana, Kota Mataram, dan menjadi salah satu landmark yang ikonik di Lombok. Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti aula, perpustakaan, dan pusat informasi Islam. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button